Tips Jitu Lolos Wawancara Kerja

By | July 21, 2016

tips-interview

Dalam proses melamar pekerjaan, umumnya pelamar kerja akan melalui tahapan interview/wawancara. Bagi orang yang sudah punya pengalaman kerja sebelumnya mungkin tahapan ini tidak begitu menjadi momok, akan tetapi bagi para fresh graduate yang sedang pertama kali mendapat panggilan wawancara mungkin perasaan campur aduk antara senang dan bingung akan dialami. Berikut ini adalah tips jitu untuk Anda bisa lolos dalam wawancara kerja.

Persiapan Mental

Anda harus menyaipkan mental Anda untuk menghadapi wawancara kerja ini. Proses wawancara sebenarnya adalah cara yang dipakai perusahaan untuk mengetahui kandidat pegawainya secara langsung, baik latar belakang pendidikan, organisasi, keluarga, dll. Maka persiapkan diri Anda untuk membuat presentasi singkat tentang latar belakang Anda. Berlatihlah di depan cermin, agar cara Anda presentasi tampak meyakinkan pewawancaranya.

Gali Informasi Tentang Perusahan Dan Posisi Yang Anda Lamar

Sebelum Wawancara kerja sebaiknya Anda menggali informasi tentang perusahaan dan posisi yang Anda lamar sebanyak-banyaknya. Anda dapat mengunjungi website perusahaan tersebut dan membaca secara lengkap di sana. Anda juga harus tau job description posisi yang Anda lamar. Dalam proses wawancara umumnya pewawancara akan menanyakan kedua hal ini. “Apakah yang Anda ketahui tentang perusahaan kami?” dan “Apa yang Anda ketahui tentang pekerjaan yang Anda lamar?” Apabila Anda sudah membaca informasi tentang perusahaan dan posisi yang Anda lamar, maka pertanyaan tersebut dengan percaya diri Anda bisa jawab.

Persiapkan Penampilan Anda

Penampilan Anda akan menjadi magnet pertama saat wawancara kerja. Ketika Anda masuk ruang wawancara dengan penampilan yang rapi dan terlihat profesional, satu poin plus anda akan dapatkan.

Percaya Diri

Saat masuk ke ruang wawancara, berjalanlah secara percaya diri. Ketuklah pintu ruangan sebelum Anda masuk ke dalamnya dan tunggu sampai dipersilahkan masuk. Ketika masuk, segera jabat tangan pewawancara. Hal ini berguna untuk mencairkan suasana yang tegang saat proses wawancara kerja. Jangan lupa untuk memberikan senyum.

Lakukan Kontak Mata

Tips jitu dalam wawancara kerja berikutnya adalah dengan melakukan kontak mata dengan pewawancara. Saat menjawab pertanyaan-pertanyaan usahakan tatapan Anda tidak kosong, dengan demikian pewawancara akan berpikir bahwa Anda adalah orang yang serius untuk mendapatkan pekerjaan yang Anda lamar.

Menjawab Dengan Jelas dan Lugas

Ketika melakukan wawancara kerja Anda harus menjawab pertanyaan-pertanyaan dengan jelas dan lugas. Dengan menjaga volume suara dan intonasi bicara Anda, Anda akan terlihat tegas dan cakap dalam menerima tanggung jawab dalam pekerjaan yang akan Anda terima nantinya.

Dengan mengikuti tips jitu lolos wawancara kerja di atas, Anda setidaknya memiliki poin lebih dari kandidat lainnya. Akan tetapi Anda tidak boleh melupakan hal terpenting sebelum Anda menjalani wawancara kerja ini, yaitu berdoa agar Anda diberi hikmat dan kekuatan saat melakukan wawancara.

(Marthika)

Gambar : Image courtesy of Ambro at FreeDigitalPhotos.net

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *