Tips Dan Cara Membuat Mie Telur Sendiri

By | July 14, 2016

resep-mie-telur

Aneka masakan berbahan dasar mie bisa dengan mudah kita dapati di semua daerah di Indonesia, dengan ke-khas-annya masing – masing. Disekitar tempat kita juga pasti banyak kita jumpai penjual berbahan dasar mie seperti mie ayam bakso, mie goreng telor, mie aceh dan masih banyak lagi.

Jika Anda pecinta makanan olahan dari mie, tidak ada salahnya mencoba membuat mie sendiri dirumah. Karena dibuat sendiri pastinya mie yang kita hasilkan akan lebih sehat karena tanpa bahan pengawet dan sudah pasti terjamin kebersihannya.

Membuat mie telur sendiri sebenarnya tidak begitu sulit. Apalagi jika Anda mempunyai mesin penggiling mie dirumah. Tapi jika Anda tidak mempunyai penggiling mie, jangan kuatir.. Anda tetap bisa membuat mie telur sendiri dengan alat sederhana.

Berikut tips dan cara membuat mie telur sendiri dirumah:

Bahan Mie Telur:

  • Tepung terigu 250 gram
  • Tepung tapioka atau tepung kanji 35 gram
  • Garam halus 1 sendok teh
  • Minyak sayur 3 sendok makan
  • Telur ayam 1 butir
  • Kaldu bubuk 1 sendok teh
  • Air bersih secukupnya

Cara membuat mie telur:

  1. Pertama campurkan dulu tepung terigu dengan tepung tapioka atau tepung kanji dalam satu wadah, aduk rata
  2. Masukkan telur ayam dan minyak sayur, aduk dan uleni sampai rata.
  3. Tuangkan campuran kaldu bubuk kedalam adonan mie sedikit demi sedikit sambil terus di uleni hingga adonan menjadi kalis dan tidak lengket ditangan.
  4. Istirahatkan adonan sekitar 15 menit dengan dibungkus plastik atau serbet, atau bisa juga diletakkan dalam wadah tertutup
  5. Setelah 15 menit, ambil dan pipihkan adonan. Cara memipihkan adonan mie telur:
  • Dengan alat sederhana, Anda bisa memipihkan adonan dengan bantuan botol beling dan alas kayu. Pipihkan adonan mie sampai ketebalan kira – kira  3mm atau sesuai selera. Setelah dipipihkan, potong – potong memanjang seperti mie dengan bantuan pisau
  • Menggiling mie dengan bantuan alat penggiling akan lebih mudah. Anda hanya perlu memipihkannya terlebih dahulu dengan pembuat mie lubang tingkat 1 (paling besar) dan kemudian lanjutkan sampai tingkat ketipisan yang diinginkan. Jangan lupa taburi tepung agar adonan tidak lengket. Kemudian potong adonan pipih dengan cetakan mie, tabur dengan tepung terigu agar mie tidak saling melekat satu dan lainnya. Biarkan mie kering selama 30 menit.
  1. Didihkan air yang sudah diberi sedikit garam. Rebus mie telur ini selama 2-3 menit, angkat lalu tiriskan airnya.
  2. Mie telur buatan sendiri siap diolah menjadi masakan apa saja sesuai selera.

Tips : Gunakan tepung terigu protein tinggi agar memperoleh tekstur mie yang kenyal dan tidak mudah putus. Tepung terigu protein tinggi misalnya merk Bogasari Cakra Kembar yang cocok untuk membuat mie.

(Marthika)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *