Tips Cerdas Mengelola Penghasilan Pribadi

By | July 16, 2016

tips-mengelola-keuangan

Ketika Anda berhasil memperoleh pekerjaan, mendapat gaji pertama merupakan hal yang menggembirakan. Anda pasti akan tergiur untuk segera membelanjakannya, membeli baju kerja, membeli smartphone baru, ataupun barang – barang lainnya yang Anda inginkan. Namun sebetulnya, hal ini bisa membuat pengeluaran Anda membengkak dan tidak cukup untuk biaya hidup Anda dalam satu bulan kedepan.

Bagi Anda yang sudah berkeluarga, pengeluaran bulanan Anda pasti akan lebih banyak daripada Anda yang masih single atau belum menikah. Biaya sekolah anak, cicilan rumah, cicilan mobil dan lain sebagainya pasti membuat Anda pusing setiap bulannya. Untuk hal tersebut, Anda perlu mengatur keuangan Anda dengan bijaksana dan perencanaan yang tepat, agar penghasilan yang Anda terima bisa mencukupi semua kebutuhan yang ada.

Berikut ini ada beberapa tips cerdas dalam mengelola penghasilan pribadi Anda :

Membuat Anggaran Pengeluaran Bulanan

Agar pengeluaran bulanan Anda tidak melebihi penghasilan, Anda wajib membuat anggaran belanja. Prioritaskan pengeluaran yang penting terlebih dahulu seperti cicilan yang wajib Anda bayar setiap bulan, sekolah anak, biaya makan sebulan, transportasi, dan lain sebagainya. Rencanakan juga dana untuk menabung, investasi, bersedekah dan kegiatan lain yang dirasa perlu mendapat prioritas utama. Bila masih memungkinkan, baru pikirkan anggaran pengeluaran lainnya seperti tamasya, untuk penyaluran hobi Anda atau membeli keperluan lain seperti fashion, dan lainnya yang bersifat hiburan.

Memisahkan Rekening Pengeluaran dan Tabungan

Agar Anda lebih mudah mengelola penghasilan pribadi Anda, buatlah 2 rekening pribadi yang memisahkan antara transaksi pengeluaran Anda dan tabungan Anda. Walaupun hal ini terkesan merepotkan, namun memiliki 2 rekening tabungan merupakan cara yang efektif dalam keberhasilan mengelola penghasilan Anda. Untuk rekening menabung, pilihlah bank dengan biaya administrasi yang rendah atau yang mempunyai program tabungan wajib setiap bulan. Biasanya tabungan jenis ini memberikan bunga yang tinggi dan biaya administrasi yang rendah.

Bandingkan Pengeluaran Dengan Anggaran

Setelah berjalan satu bulan, buatlah perbandingan antara pengeluaran dengan anggaran yang sudah ditetapkan sebelumnya. Jika ternyata pengeluaran jauh berbeda dengan anggaran awal, buat  revisi anggaran. Tinjau ulang agar Anda mengetahui pengeluaran terbesar Anda untuk apa saja.

Disiplin

Setelah Anda membuat dan merevisi anggaran pengelolaan penghasilan, disiplinlah dalam menerapkannya setiap bulan agar tujuannya tercapai.

Berinvestasi lebih cepat

Semakin muda usia Anda, semakin bagus dalam memulai investasi. Kenapa? Karena investasi yang dilakukan sedini mungkin akan menghasilkan keuntungan yang lebih besar. Jadi mulailah berinvestasi dari gaji pertama Anda, setiap bulan secara konsisten. Carilah produk – produk investasi yang cocok dengan dana Anda dan hasilnya bisa maksimal. Untuk investasi jangka pendek, Anda bisa berinvestasi di deposito.  Untuk jangka menengah, pilihlah produk obligasi yang hasilnya masih diatas deposito. Untuk jangka waktu panjang Anda bisa berinvestasi di reksa dana saham.

Semoga dengan tips cerdas mengelola penghasilan pribadi dari pertamakali.com ini dapat menginspirasi Anda dalam mengatur keuangan prbadi.

(Marthika)

Gambar : Image courtesy of Punsaya at FreeDigitalPhotos.net
 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *