Tips Cara Memijat Bayi

By | July 31, 2016

memijat-bayi

 

Bila Anda mempunyai anak yang masih bayi, Anda perlu belajar cara memijat bayi berikut ini. Ternyata, pijatan lembut pada bayi sangat dianjurkan oleh medis. Selain untuk membuat rileks buah hati Anda, pijatan yang Anda lakukan akan membuat kedekatan Anda secara emosional dengan si kecil lebih terjalin. Pijatan kepada bayi secara teratur juga dapat membatu perkembangan fisik dan emosionalnya.

Waktu yang tepat untuk memijat bayi Anda adalah pada saat sebelum memandikan si kecil. Langkah – langkah yang perlu dilakukan sebelum memijat si kecil adalah sebagai berikut:

  • Siapkan baby oil, baby lotion, atau minyak telon. Sesuaikan yang membuat si kecil nyaman dan tidak menyebabkan alergi pada kulitnya.
  • Siapkan handuk tebal atau kain bersih dan lembut sebagai alas pemijatan sehingga si kecil merasa nyaman di atasnya.

Ajak Bayi Anda Berbicara

Anda dianjurkan juga untuk mengajak bayi Anda berbicara atau bernyanyi selama melakukan pemijatan. Hal ini untuk merangsang kemampuan verbal si kecil sehingga lebih cepat berbicara.

Perenggangan

Mulailah dengan perenggangan terlebih dahulu. Hal ini bermaksud untuk membuat tubuh bayi rileks. Caranya adalah saat bayi telentang, pegang kedua kaki dan lututnya, tempelkan pelan – pelan lutut sampai perutnya. Setelah itu, pegang kedua kaki dan lututnya dan putar dengan gerakan memutar lembut ke kanan dan ke kiri untuk melemaskan pinggulnya. Hal ini juga bisa menyembuhkan sakit perut si kecil.

Memijat Tangan Bayi

Setelah melakukan pijatan kaki, lanjutkan dengan memijat bagian wajahnya. Diawali dengan meletakkan kedua tangan di atas dada bayi kemudian lakukan gerakan mengarah ke atas kepala, kesamping dan kembali ke dada. Tentu Anda bisa mengajaknya bernyanyi atau seperti mengajaknya bermain.

Memijat Lengan Bayi

Selain melakukan  gerakan ringan diatas, Anda bisa memegang pergelangan tangan bayi dan menepuk – nepuk pelan sepanjang lengannya. Pijat naik turun mulai dari ujung lengan sampai ke pangkal lengan. Tidak lupa memijat telapak tangan dan jari – jarinya dengan lembut.

Memijat Perut Bayi

Gunakan ujung jari tangan Anda, buat pijatan-pijatan kecil melingkar pada perut bayi Anda. Gunakan pijatan I Love U. Gunakan 2 atau 3 jari, yang membentuk huruf I – L – U, bila dari posisi kita membentuk huruf tersebut yang terbalik. Urut kiri bayi dari bawah iga ke bawah (huruf I), urut melintang dari kanan bayi ke kiri bayi, kemudian turun ke bawah (huruf L), Urut dari kanan bawah bayi, naik ke kanan atas bayi, melengkung membentuk U dan turun lagi ke kiri bayi. Semua gerakan berakhir di perut kiri bayi.

Memijat Punggung Bayi

Tengkurapkan si kecil diatas kedua kaki Anda dengan dialasi handuk,  gerakkan kedua tangan Anda naik turun mulai dari atas punggung sampai bagian pantatnya. Lakukan pijatan dengan membentuk lingkaran kecil di sepanjang tulang punggungnya. Pijat ringan seperti gerakan menggaruk di bagian punggungnya kearah bawah.

Pijat Kaki Bayi

Mengarah kebagian tubuh baik, sekarang saatnya melakukan pemijatan di kaki bayi. Pegang kedua kaki bayi dengan satu tangan dan tepuk-tepuk ringan dan usap sepanjang tungkainya dengan tangan yang lain. Jangan lupa memijat telapak kakinya dengan lembut dengan menggunakan jempol Anda. Pijat ringan bagian tumis dan sekitar pergelangan kaki dengan arah pijatan kecil melingkar.

Itulah tips cara memijat bayi yang Anda bisa lakukan sendiri di rumah. Gunakan waktu Anda untuk memijat buah hati Anda setiap hari untuk kebaikan si kecil.

(Marthika)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *