Tips Cara Hidup Bahagia

By | July 25, 2016

cara-hidup-bahagia

 

Semua orang menginginkan hidup yang bahagia. Tapi sayangnya masih banyak orang yang merasa tidak bahagia dengan keadaan hidupnya bahkan sampai ada yang mengakhiri hidupnya begitu saja. Tekanan dan badai hidup yang dirasa berat sering membuat orang menjadi depresi.

Mau atau tidak, setiap orang pasti mempunyai masalah. Yang harus kita lakukan adalah bagaimana membuat masalah itu menjadi sebuah tantangan bukan merupakan sebuah halangan untuk mendapatkan kebahagiaan. Untuk itu kita perlu merubah cara pandang kita dan melihat sisi positif dari masalah yang sedang kita hadapi.

Berikut ini adalah tips yang bisa memotivasi Anda agar dapat menjalani hidup dengan cara hidup bahagia:

Bersyukur

Menjalani hidup dengan penuh rasa syukur pasti akan membuat hati tenang dan bahagia. Pikirkan sejenak apa yang sudah Tuhan berikan dalam hidup Anda. Apakah Anda masih mempunyai orang tua yang menyayangi Anda, mempunyai pasangan hidup yang mencintai dan mendukung Anda, apakah Anda mempunyai anak – anak yang bergantung dan membutuhkan Anda? Bila Anda memilikinya, bersyukurlah karena mereka semua adalah anugerah dari Tuhan.  Bersyukur juga karena Anda masih bisa hidup dan bernapas sampai detik ini, karena hidup adalah anugerah terindah dari Tuhan.

Buanglah perasaan takut dan khawatir

Agar bisa menikmati hidup bahagia, Anda harus membuang jauh – jauh perasaan takut dan kuatir terhadap apapun juga. Percayalah bahwa setiap masalah pasti mempunyai jalan keluarnya sendiri. Yang bisa Anda lakukan adalah berusaha yang terbaik untuk menyelesaikan masalah Anda, dan kemudian serahkan semuanya dalam doa kepada Tuhan.

Selesaikan masalah Anda satu persatu

Bila Anda mempunyai beberapa masalah, jangan membebani diri dengan menyelesaikan semuanya sekaligus. Pilihlah mana masalah yang paling membutuhkan solusi yang cepat, dan selesaikan satu persatu.

Anda lebih hebat dari masalah Anda

Apapun masalah Anda, jangan sampai hal itu mengambil alih kebahagiaan Anda. Jangan menyerah dan menjadi depresi. Ingat, Anda diciptakan lebih hebat dari pada masalah apapun yang sedang Anda alami. Terus berpikir positif dan lakukan  tindakan – tindakan yang tepat untuk menyelesaikannya.

Lihatlah ke depan

Jangan melihat kegagalan di masa lalu, tapi pandanglah jauh ke depan, dimana masih banyak waktu dan kesempatan yang bisa Anda raih di masa depan. Jadikan masa lalu sebagai pembelajaran hidup Anda, tapi jangan selalu mengingatnya karena hanya akan membuat penyesalan dalam hidup Anda. Fokus menjalani hidup hari ini dan besok akan membuat Anda lebih bersemangat menjalani hidup.

Belajar memaafkan

Tips cara hidup bahagia selanjutnya adalah dengan belajar memaafkan. Menyimpan amarah dan dendam terhadap orang lain akan membuat Anda stress dan tidak bahagia. Untuk itu Anda perlu belajar memaafkan kesalahan orang lain agar hidup Anda lebih tenang dan bahagia.

Belajar memberi

Selain belajar untuk memaafkan, satu lagi tips yang perlu Anda lakukan agar hidup lebih bahagia adalah dengan belajar memberi. Bukan hanya materi yang bisa Anda berikan kepada orang lain, tetapi juga memberikan perhatian kecil misalnya menjadi pendengar yang baik, memberikan solusi kepada masalah orang lain ataupun sekedar menghibur dan tersenyum. Perhatian dan hal kecil yang bisa Anda lakukan untuk orang lain akan membuat Anda merasa berguna dan bahagia.

Hidup hanya sekali, karena itu gunakanlah dengan sebaik – baiknya. Demikianlah tips cara hidup bahagia dari pertamakali.com, semoga bermanfaat…

(Marthika)

 

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *