Tips Buat Anda yang Ingin Berwisata ke Karimun Jawa

By | July 31, 2016

Crystal clear waters and colourful coral reefs around the small island of Pulau Kecil, located within the Marine National Park of Karimunjawa or Karimun Jawa, which translates as a stone's throw from Java.

Karimun Jawa terkenal dengan tempat wisata alamnya yang menawan. Banyak orang berbondong-bondong liburan ke sana karena tempatnya yang sangat indah. Jika Anda ingin berwisata ke Karimun Jawa, sebaiknya Anda perhatikan tips berikut ini supaya liburan bisa seru dan menyenangkan sehingga mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan dari Karimun Jawa.

Jangan pergi ke Karimun Jawa saat musim hujan

Jangan pergi ke Karimun Jawa saat musim hujan. Tentu saja hal ini akan membuat Anda tidak bisa menikmati Karimun Jawa saat hujan lebat. Anda bisa saja terjebak di suatu pulau jika hujan tiba akibat kapal atau perahu tak berani berlayar saat cuaca buruk. Datanglah ke Karimun Jawa pada musim kemarau sehingga Anda benar-benar bisa menikmati liburan di Karimun Jawa.

Pelajari Jadwal Penyeberangan Kapal

Tidak banyak kapal yang menyeberang ke Pulau Karimun Jawa. Oleh sebab itu, Anda harus mempersiapkan rencana liburan ke Karimun Jawa jauh-jauh hari sehingga pesan tiket bisa dilakukan jauh sebelum hari H. Jika Anda tak memesan tiket jauh-jauh hari, Anda bisa saja kehabisan tiket.

Jangan menjadi solo traveler ke Karimun Jawa

Saat ini banyak orang memilih menjadi solor traveler yaitu berwisata seorang diri. Hal itu boleh-boleh saja selama bisa menjadi diri. Namun, untuk tujuan berwisata ke Karimun Jawa, sebaiknya hindari pergi sendirian. Hal ini untuk menghemat biaya sebab transportasi ke Karimun Jawa cukup mahal seperti sewa kapal atau biaya transportasi darat. Nah, biaya untuk sewa transportasi akan semakin ringan jika Anda patungan bersama teman-teman. Namun, jika Anda tetap memilih untuk menjadi solo traveler, Anda sebaiknya Anda mencari orang yang bisa diajak kerjasama sejak di kapal penyeberangan. Anda bisa ikut patungan bersama mereka sehingga lebih hemat.

Listrik di Karimunjawa hanya 12 jam

Perlu Anda ketahui bahwa listrik di Karimunjawa hanya 12 jam yaitu menyala mulai dari 18.00 sampai 06.00. Maka dari itu, manfaatkan waktu itu untuk mengisi energy listik alat-alat listrik yang Anda bawa. Signal di Karimunjawa juga tak sekuat di kota-kota besar. Saat berkunjung ke  Karimunjawa, pilihlah provider yang memiliki jaringan kuat agar komunikasi tidak terganggu.

Info terbaru : saat ini listrik di Karimunjawa sudah di supply PLN dapat menyala selama 24 jam.

Carilah tempat penginapan yang sesuai dengan anggaran

Ada banyak pilihan penginapan di Karimun Jawa. Anda harus sesuaikan dengan anggaran yang dimiliki. Kalau anggarannya pas-pasan, sebaiknya pilihlah penginapan yang harga sewanya murah. Homestay bisa menjadi pilihat tepat untuk Anda karena biayanya lebih terjangkau. Jangan lupa sebelum membooking kamar Anda mencari informasi terlebih dahulu. Mungkin Anda bisa memilih bergabung di suatu forum online sehingga bisa mendapatkan informasi dari pengalaman seseorang yang pernah ke sana.

Beli paket makan hemat dari homestay agar hemat

Biasanya, salah satu faktor yang membuat anggaran wisata membengkak yaitu karena faktor makanan. Agar lebih hemat, Anda bisa membeli paket makan malam dari homestay karena akan lebih menekan biaya pengeluaran. Makan di luar bisa sangat mahal.

Bawa peralatan wajib

Jangan sampai lupa membawa peralatan wajib seperti sandal jepit, jaket, obat-obatan, alat makeup, kacamata, dan segala benda yang Anda rasa penting. Jangan lupa membawa uang tunai yang cukup karena ATM di Karimun Jawa masih sangat minim.

Pusat Oleh-oleh Karimunjawa

Rasanya kurang lengkap jika pergi ke suatu tempat lalu tak membeli oleh-oleh khas tempat tersebut. Di Karimunjawa terdapat tempat di mana Anda bisa membeli oleh-oleh khas Karimunjawa di alun-alun Karimunjawa. Selain itu, ada juga banyak penjual makanan yang menjual makanan yang akan memanjakan lidah.

Itulah beberapa tips buat Anda yang ingin berwisata ke Karimun Jawa. Semoga informasi ini bermanfaat.

(Ika Pratiwi)

 
Share

2 thoughts on “Tips Buat Anda yang Ingin Berwisata ke Karimun Jawa

  1. Wisata Karimunjawa

    Infonya benar dan pas sekali cocok di terapkan buat para calon wisatawan yang merencanakan mengunjungi karimunjawa. Ada beberapa perubahan info yang belum admin update. Salah satunya adalah saat ini listrik di karimunjawa sudah di supply pln dan sudah menyala 24jam.

     
    View Comment
    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *