Tips Bersepeda untuk Kesehatan

By | July 2, 2016

Tips-Bersepeda

Olahraga sepeda merupakan olahraga yang lebih sedikit kemungkinan cederanya pada persendian atau otot dibandingkan dengan olahraga joging, sehingga dapat lebih mudah dilakukan bagi mereka yang mempunyai masalah dengan persendian, seperti pada orangtua. Meskipun begitu, saat ini olahraga bersepada juga banyak dilakukan orang kalangan muda, terutama bagi mereka yang ingin berolahraga sambil berekreasi. Olahraga sepeda ini tidak hanya dilakukan di perkotaan tetapi juga di pinggiran sampai ke daerah yang udaranya masih segar seperti daerah pegunungan.

Berikut ini merupakan tips agar Anda dapat bersepeda dengan sehat :

Usahakan Bersepeda dengan Kecepatan yang Optimum

Umumnya saat bersepeda, kecepatan di bawah 16 km per jam memiliki keuntungan aerobik yang kecil dibandingkan dengan mengayuh sepeda dengan kecepatan di atas 20,9 km per jam yang akan memiliki keuntungan aerobik yang lebih besar.

Peralatan Sepeda

Bila Anda memiliki rencana membeli sepeda, hal yang penting untuk Anda pertimbangkan adalah  di mana Anda akan menggunakan sepeda tersebut, apakah di dalam kota, di luar kota atau di wilayah pegunungan. Beberapa hal yang penting untuk Anda teliti sebelum membeli sepeda adalah dengan membeli sepeda yang tegak yang tidak mengharuskan tubuh Anda membungkuk saat memakainya seperti pada sepeda balap. Dengan demikian Anda dapat bersepeda dengan cara yang santai dan menyenangkan. Anda juga dapat bernafas dengan baik dan tubuh Anda dalam posisi yang tegak. Dibutuhkan sepeda dengan sedikitnya memiliki tiga gigi, kecuali Anda akan bersepeda hanya di tempat datar saja. Pilih lah sepeda dengan ban yang lebih lebar untuk menghindari terjadinya kemungkinan kecelakaan. Dalam hal ini para ahli menganjurkan agar Anda menggunakan sepeda pegunungan agar dapat digunakan pada kecepatan yang tinggi. Anda juga perlu menggunakan helm dalam bersepeda untuk menghindari terjadi nya benturan langsung ke kepala jika terjatuh dari sepeda.

Pilih Tempat Bersepeda yang Nyaman

Bersepeda di tempat yang padat bisa menambah ketegangan, sehingga tujuan bersepeda Anda untuk menjadi lebih rileks akan sulit tercapai. Carilah tempat bersepeda yang dapat membuat Anda mengayuh sepeda secara konstan sehingga target denyut jantung Anda dapat tercapai secara konsisten. Selain itu hindari tempat tempat yang banyak dilalui kendaraan karena polusi asap yang dapat menyebabkan polusi udara. Anda juga perlu menghindari untuk bersepeda di malam hari.

Keuntungan dalam berolahraga sepeda ini adalah ketegangan persendian yang lebih sedikit dibandingkan dengan joging serta pemandangan yang lebih banyak dengan tujuan yang lebih mudah di atur sehingga sisi rekreasi yang Anda dapatkan dapat membuat Anda lebih menikmati olahraga bersepeda ini.

Saat ini alat untuk bersepeda dengan kualitas yang baik memiliki harga yang cukup mahal terutama untuk jenis sepeda gunung. Jika budget Anda pas-pasan, hal ini merupakan salah satu pertimbangan yang perlu Anda lakukan jika Anda ingin melakukan olahraga bersepeda.

Semoga tip sehat bersepeda ini dapat bermanfaat bagi Anda yang sedang mempertimbangkan untuk melakukan salah satu olahraga yang memiliki nilai rekreasi ini.

Gambar : Image courtesy of Zirconicusso at FreeDigitalPhotos.net
 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *