Tips Berlibur Ke Luar Negeri Untuk Pertama Kali

By | July 14, 2016

Tips-berlibur-ke-luar-negeri

Hadirnya banyak maskapai penerbangan murah di Indonesia merangsang minat orang Indonesia untuk bepergian menggunakan pesawat, termasuk ke luar negeri. Banyak maskapai yang menyediakan penerbangan langsung dari kota-kota di Indonesia dengan tujuan luar negeri, dimana hal ini dulu hanya bisa dilakukan dari Jakarta, Batam dan Bali saja. Untuk yang mau berlibur ke luar negeri untuk pertama kali, tips-tips ini mungkin bisa membantu Anda dalam menyiapkan rencana liburan Anda.

Pembuatan Paspor

Paspor merupakan dokumen utama yang harus ada bila anda mau bepergian ke luar negeri. Pembuatan paspor saat ini sangat mudah dengan hadirnya paspor online yang dapat anda lihat di website imigrasi Indonesia

Pengurusan Visa

Beberapa negara sahabat memberlakukan bebas visa/visa on board bagi warga negara Indonesia yang mau berlibur. Biasanya Visa ini berlaku 2 minggu dan berlaku sekali masuk. Bagi yang mau bepergian ke luar negeri untuk pertama kali, sebaiknya Anda mencari informasi tentang negara yang akan Anda tuju.

Pemesanan Tiket Pesawat

Reservasi tiket pesawat saat ini dengan mudah dapat Anda lakukan sendiri dari internet. Anda dapat memilih sesuai dengan waktu yang anda inginkan dan memilih promosi yang ditawarkan oleh maskapai. Bila anda baru pertama kali ke luar negeri, sebaiknya anda juga sebisa mungkin mencari direct flight.

Pemesanan Hotel

Berlibur tentu berkaitan erat dengan akomodasi. Pencarian dan pemesanan hotel juga dapat anda lakukan sendiri dari internet. Beberapa promo penerbangan juga ada yang menawarkan program bundling dengan hotel, hal ini tentu lebih menguntungkan. Sebaiknya Anda mencari tau tentang hotel tempat Anda menginap terlebih dahulu, seberapa jauh lokasinya dari bandara, seberapa jauh dari pusat kota, bagaimana lingkungannya, dll.

Kenali Musim dan Cuaca Di Tempat Anda Berlibur

Berlibur untuk pertam kali ke luar negeri tidak lepas dengan mengetahui musim apa dan cuaca bagaimana saat Anda datang berkunjung. Jangan sampai gara-gara cuaca buruk dan musim tertentu, Anda jadi cuma diam di hotel saja karena tidak bisa kemana-mana.

Kenali Kebiasaan Dan Peraturan Yang Berlaku

Beda negara pasti beda perilaku masyarakatnya. Bagi yang pertama kali berlibur ke luar negeri, sebaiknya mencari tau dulu tentang adat dan kebiasaan masyarakat setempat juga tentang peraturan-peraturan yang berlaku di negara tersebut.

Mengenali Aturan Imigrasi

Mengenali aturan Imigrasi baik Indonesia maupun negara tujuan adalah suatu keharusan. Bagi yang akan berlibur ke luar negeri untuk pertama kali, harus mencari tau apa saja yang boleh dibawa dan yang tidak boleh dibawa masuk ke negeri tujuan. Demikian pula dengan barang-barang apa saja yang Anda boleh bawa masuk dan yang tidak boleh dibawa masuk ke tanah air sepulangnya anda dari luar negeri.

Membuat Itenerary Sendiri

Setelah beberapa langkah di atas, tentu saja bila ingin berlibur ke luar negeri Anda harus mempersiapkan tempat-tempat yang akan Anda kunjungi. Buatlah itenerary anda sendiri, Anda dapat dipandu oleh travel guide yang dapat dengan mudah Anda lihat dari internet.

Walaupun Anda baru berlibur ke luar negeri untuk pertama kali, namun Anda akan tampak layaknya orang yang sudah sering bepergian ke luar negeri apabila anda mengikuti langkah-langkah di atas. Banyak orang yang sering bepergian ke luar negeri tapi mengabaikan hal-hal di atas, sehingga akan terlihat seperti orang yang baru pertama kali berlibur ke luar negeri.

(Marthika)

Gambar : Image courtesy of ddPavumba at FreeDigitalPhotos.net
 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *