Tips Berbelanja Online Yang Aman

By | July 11, 2016

Tips-Belanja-Online

Mudahnya akses Internet sekarang ini sangat dirasakan manfaatnya bagi pengelola situs online, khususnya untuk membuka toko secara online. Dari segi biaya, membuka toko online sangat murah dan bahkan bisa gratis, berbeda jika kita membuka toko offline dengan sewa tempat yang mahal. Konsumen juga terbantu dengan sistem yang praktis, dimana mereka  tidak perlu keluar rumah untuk berbelanja. Konsumen cukup duduk manis di sofa rumahnya sambil memilih barang yang akan dibelinya dari smartphone atau laptop, dan dengan beberapa klik saja barang akan sampai kerumah beberapa hari kemudian. Hhmm mudah bukan?

Tapi dengan kemudahan yang kita dapat ini beberapa oknum nakal mulai berusaha mencari kesempatan. Mereka sengaja membuka toko online dengan tujuan yang tidak baik, yaitu menipu calon konsumennya. Hal yang biasanya terjadi adalah toko online tersebut tidak mengirimkan barang pesanan ke konsumen, atau mengirimkannya tapi dengan barang yang berbeda dengan pesanan dan biasanya lebih murah atau tidak berkualitas. Lalu bagaimana caranya agar kita terhindar dari penipuan toko online?

Berikut tips dari pertamakali.com untuk berbelanja aman di toko online

Berbelanjalah di situs toko online yang sudah terkenal

Berbelanja di beberapa situs toko online besar seperti Tokopedia, Elevenia, Lazada, dll terbukti aman. Sistem keamanan yang mereka pakai adalah dalam hal pembayaran ke pemilik akun toko online yang terdaftar di situs mereka. Bila barang belum sampai ke konsumen, mereka akan menahan uang pembayarannya. Oleh karena itu pihak toko online harus mengirimkan barang pesanan sesuai yang diminta konsumen agar mereka bisa mendapatkan pembayaran.

Pilih sistem pembayaran di tempat

Sistem pembayaran di tempat atau yang dikenal dengan istilah COD (Cash On Delivery) adalah sistem pembayaran yang paling aman untuk barang – barang bernilai tinggi dan butuh pengecekan kualitasnya seperti barang elektronik, handphone, laptop, dll.  Selain aman, konsumen akan puas dengan barang yang didapat karena mereka bisa melakukan test barang dulu sebelum membeli.

Lakukan komunikasi dengan pemilik toko online

Toko online yang baik adalah yang cepat merespon pertanyaan dari calon konsumennya. Seperti halnya toko offline, toko online juga harus memberikan pelayanan kepada calon konsumen agar mereka puas dan mau membeli barang dagangannya. Bertanyalah tentang detail barang yang akan dibeli apakah masih tersedia, pengiriman yang dipakai, sistem pembayarannya, dll.

Bacalah komentar dari konsumen lain

Dalam website toko online biasanya disediakan kolom komentar untuk bertanya atau menulis testimoni. Bacalah testimoni dari para konsumen yang sudah pernah melakukan transaksi di toko online tersebut. Jika mereka puas dengan pelayanan dan kualitas barang yang dibeli, berarti toko online tersebut terbukti aman dan terpercaya.

Telitilah sebelum membeli

Seperti halnya jika kita akan membeli barang di toko offline, berbelanja di toko online juga dibutuhkan ketelitian dalam melihat suatu produk. Misalkan kita akan berbelanja baju, lihatlah dengan teliti modelnya, warnanya, bahan kainnya, dll. Juga tanyakan ukurannya yang sesuai dengan tubuh Anda. Jangan sampai Anda menyalahkan toko online karena barang yang dikirim ternyata tidak sesuai ukurannya dengan tubuh Anda, karena Anda tidak  bertanya terlebih dahulu tentang ukuran yang tersedia. Jangan hanya bertanya ukuran S,M atau L, tapi juga ukuran dalam centimeter (cm).  Untuk warna kemungkinan akan turun satu tingkat antara foto di website dengan produk aslinya, karena warna di foto biasanya akan tampak lebih terang.

Demikian tips berbelanja online yang aman dari pertamakali.com

Semoga bermanfaat.

(Marthika)

Gambar : Image courtesy of Stuart Miles at FreeDigitalPhotos.net
 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *