Tips Berbelanja Hemat Untuk Ibu Rumah Tangga

By | July 31, 2016

tips-belanja

 

Ibu rumah tangga adalah seorang ‘manajer’ di dalam keluarga, terutama dalam urusan mengatur berbagai kebutuhan keluarga. Peranan seorang ibu rumah tangga tidak boleh dipandang sebelah mata. Entah disadari atau tidak, pengeluaran untuk rumah tangga sedikit banyak terpengaruh dari gaya hidup sang ibu rumah tangga. Bagaimana cara ibu rumah tangga dalam berbelanja kebutuhan keluarga sangat berdampak pada kondisi keuangan keluarga.

Perencanaan keuangan keluarga sangat dipengaruhi 2 hal utama yaitu berapa jumlah penghasilan Anda, sumbernya bisa dari mana saja dan berapa pengeluaran bulanan Anda sekeluarga. Ibu rumah tangga perlu lebih kreatif dalam mengatur anggaran belanjanya agar tidak terjadi pemborosan. Bahkan, ibu rumah tangga bisa membantu melakukan penghematan keluarga sehingga tabungan keluarga bisa semakin cepat terisi.

Ketika jumlah penghasilan pas-pasan, maka Anda harus cerdik dalam mengatur uang belanja dengan baik. Ingat, kebutuhan rumah tangga itu tidak sedikit, maka Anda harus cerdas dalam memilah-milahnya. Jangan menuruti keinginan Anda, namun harus tetap mengutamakan kebutuhan belanja bulanan. Oleh sebab itu, saat Anda memiliki penghasilan yang pas-pasan, ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk belanja hemat.

Gunakan Sistem Amplop

Ambil semua uang Anda dan masukkan ke amplop sesuai kebutuhan seperti bayar cicilan rumah atau uang kontrakan rumah, kebutuhan beras sebulan, bayar tagihan listrik, air, telepon, uang bensin, gas, uang saku anak-anak, dan dana darurat. Tulis tanggal belanja mulai dari 1 sampai dengan 31. Setelah terisi semua, sisa uangnya adalah untuk investasi. Apabila dilakukan secara tertib, ibu rumah tangga akan ditantang untuk lebih kreatif dalam mengatur uang belanja bulanan.

Jangan Terfokus Merek

Makin sering Anda jalan ke mal atau toserba, maka godaan berbelanja akan semakin besar. Godaan jadi kian kuat manakala banyak promo, diskon dari berbagai merk-merk terkenal dengan pelbagai penawaran menarik dari mulai produk kebutuhan rumah tangga seperti gula, minyak, makanan kecil, tisu, obat pembersih lantai, dan sebagainya. Jangan tergoda, bandingkan dengan merk lain yang lebih murah. Syukur kalau Anda bisa membeli produk yang tidak bermerek tetapi punya fungsi sama.

Buat Daftar Menu Mingguan

Prinsip yang berawal dari kebiasaan ini patut dicoba. Dengan menyusun daftar menu makanan mingguan maka pola belanja kita akan terkontrol, sehingga kita tidak membeli bahan makanan yang akhirnya mubazir.

Jangan Bawa Uang Terlalu Banyak

Saat belanja sebaiknya jangan membawa uang yang berlebihan. Disarankan supaya Anda membawa uang secukupnya saja. Hal ini karena saat membawa uang berlebihan, akan terjadi pembengkakan pengeluaran terutama untuk membeli barang lain yang tidak terlalu penting.

Beli Dalam Jumlah Banyak

Pasar, toko, atau supermarket biasanya memberikan harga yang lebih murah jika berbelanja produk yang sama dalam jumlah banyak. Jika Anda pintar dalam mengatur jumlah pemakaian barang dan bahan makanan, maka belilah dalam jumlah yang banyak untuk menghemat pengeluaran.

Itulah tips berbelanja hemat untuk ibu-ibu rumah tangga. Sangat praktis bukan? Kunci dalam mengelola uang Anda adalah disiplin dalam mengatur pengeluaran Anda.

 

(Marthika)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *