Tips Atasi Aplikasi Android Yang Boros Kuota Dan Baterai Pada Smartphone

By | July 31, 2016

smartphone

 

Memiliki banyak aplikasi pada smartphone tentunya menyenangkan karena bisa menunjang kehidupan sosial. Namun memiliki banyak aplikasi bisa menyebabkan kualitas sistem kerja smartphone menjadi boros baterai. Bahkan terkadang aplikasi tersebut membuat kuota data kamu habis. Tentu saja hal ini membuat kamu kesal.

Biasanya penyebab utama smartphone boros baterai dan kuota data karena banyaknya aplikasi yang kamu install. Jika kamu menginstal aplikasi yang terus berjalan meski smartphone tidak aktif, kuota data internet akan cepat habis.

Tips tetap irit ketika terakses internet

Berikut ini ada beberapa tips tetap irit ketika terakses internet dalam penggunaan beberapa jenis aplikasi. Mari simak uraiannya!

  • Instagram

Banyak orang menggunakan aplikasi instagram untuk bersosialisasi. Satu jenis aplikasi ini memakan kuota internet yang cukup banyak. Hal ini karena ada fitur preloading foto dan video. Tenang, kamu bisa meminimalisir penggunaanya dengan cara masuk ke halaman profil. Kemudian klik option, lalu pilih cellular data use. Setelah itu, ada pilihan “use less data”.

  • Spotify

Spotify merupakan aplikasi yang menarik karena digunakan untuk mendengarkan lagu secara streaming. Namun, aplikasi ini cukup memakan kuota internet kamu saat lagu-lagu yang didengarkan berkualitas tinggi. Kamu bisa mengakalinya supaya lebih irit. Caranya yaitu dengan mengatur di pengaturan Available offline  agar kamu bisa mengunduh album lagu sesuai selera. Setelah itu, kamu bisa mendengarkannya secara offline.

  • Youtube

Youtube juga sering digunakan oleh banyak orang untuk melihat berbagai video yang menarik. Aplikasi ini juga cukup menyedot data kuota internet pada smartphone. Aplikasi Youtube akan menampilkan kualitas video HD saat koneksi internet smartphone bagus. Hal ini membuat kuota internet yang terpakai sangat banyak. Untuk mencegah pemborosan kuota data internet, pilihlah Turn On Play HD on Wi-Fi only pada pengaturan.

  • Snapchat

Aplikasi Snapchat sedang populer di kalangan masyarakat karena aplikasi ini dilengkapi dengan fitur gambar dan video yang bagus. Penggunaan Snapchat juga bisa menguras kuota data internet. Untuk menghematnya, kamu bisa memilih  Travel Mode  pada pengaturan.

  • Path

Path merupakan salah satu media sosial yang sangat fenomenal di Indonesia. Melalui aplikasi ini, kamu bisa mengunggah foto, video, share menikmati musik atau film, dan bisa melakukan chatting. Aplikasi path akan menyedot banyak kuota internet saat kamu menggunakannya.

  • Aplikasi prakiraan cuaca

Untuk mengetahui prakiraan cuaca dengan tepat, aplikasi ini sangat bermanfaat. Namun, dibalik manfaatnya yang bagus, aplikasi ini bisa menatik data internet yang lumayan besar. Selain itu pembaruan secara berkala akan memakan banyak daya baterai. Jika penggunaan aplikasi prakiraan cuaca tidak terlalu  penting bagimu, sebaiknya tidak perlu diinstal karena akan membuat boros kuota internet dan baterai.

Aplikasi-aplikasi yang telah disebutkan di atas menguras kuota internet banyak. Untuk menghematnya, kamu bisa menggunakan aplikasi Opera Max. Bahkan, aplikasi ini bisa menghemat kuota internet sampai 50%. Dengan menggunakan Opera Max, kamu bisa mengontrol aplikasi mana saja yang ingin kamu pakai. Kamu bisa memblokir beberapa aplikasi dengan menggunakan Opera Max.

(Ika Pratiwi)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *