Tips Ampuh Atasi Kecanduan Fast Food

By | July 16, 2016

tips-hindari-fast-food

Di jaman sekarang ini keberadaan restoran yang menyediakan fast food semakin menjamur. Hal ini karena minat masyarakat akan fast food meningkat. Jika dilihat dari rasanya, memang fast food tergolong makanan yang enak. Namun, bagaimana dampaknya bagi kesehatan? Tidak hanya berdampak pada kesehatan saja, ternyata terlalu banyak makan fast food bisa menyebabkan seseorang mudah depresi. Jadi fast food juga akan mempengaruhi kondisi psikologis.

Pernyataan ini bukan hanya isapan jempol sebab sudah dilakukan penelitian terkait dampak fast food. Menurut penelitian yang telah dilakukan oleh University of Granadia, ada hubungan yang cukup erat terkait dengan kebiasaan mengkonsumsi fast food dengan mengalami depresi. Bahkan lebih dari 50% orang yang sering makan fast food akan lebih mudah depresi. Hal ini karena fast food mengandung banyak bahan kimia yang memberikan efek candu atau “nagih”. Orang akan cenderung memiliki keinginan untuk mengkonsumsinya secara terus menerus.

Apabila Anda termasuk orang yang suka fast food, Anda harus mulai berfikir untuk menghentikan kebiasaan tersebut sebelum terlambat. Berikut ini ada beberapa tips ampuh atasi kecanduan fast food :

Ketahui dampak buruk yang ditimbulkan dari fast food

Carilah informasi sebanyak-banyaknya mengenai dampak buruk yang ditimbulkan fast food. Kebiasaan mengkonsumsi fast food juga bisa menyebabkan timbulnya berbagai macam penyakit serius.

Bulatkan tekad

Segala sesuatu bisa dimulai dari niat yang teguh. Untuk berhenti mengkonsumsi fast food, bulatkan tekad Anda. Cari alasan yang kuat mengapa Anda harus berhenti makan fast food. Misalnya saja ingin berhenti karena alasan kesehatan.

Belajarlah memasak dan mencintai makanan masakan sendiri

Orang yang memiliki hobi memasak akan memasak makanan yang disantapnya setiap hari. Anda akan mencoba memasak aneka menu makanan yang baru. Pilihlah menu makanan yang sehat.

Libatkan Teman atau Keluarga

Ide melibatkan teman atau keluarga untuk mengontrol menu sehat sangat bagus. Terutama jika Anda termasuk orang yang memiliki kontrol diri lemah. Ketika timbul godaan makan makanan fast food, segera hubungi teman atau keluarga untuk berharap mereka bisa mengendalikan keinginan Anda. Cara ini cukup efektif dilakukan untuk membantu mengontrol diri Anda.

Membuat rencana menu makan

Biasanya kebiasaan makan fast food atau makanan cepat saji karena beberapa alasan. Alasan yang paling utama yaitu karena tidak memiliki cukup waktu untuk memasak. Mulai dari sekarang, rencanakan menu makan untuk setiap harinya. Apapun kesibukan Anda, aturlah menu makan sehat tanpa mengkonsumi fast food. Jika Anda akan ada lembur di kantor, Anda bisa membawa bekal makanan sehat dari rumah seperti salad buah dan sayuran.

Semoga beberapa tips ampuh atasi kecanduan fast food di atas bisa bermanfaat. Ayo ubah kebiasaan makan fast food dengan makan makanan yang sehat demi kesehatan.

(Ika Pratiwi)

Gambar : Image courtesy of Mapichai at FreeDigitalPhotos.net

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *