Tips Aman Wisata Menelusuri Pulau Komodo

By | July 30, 2016

pulau-komodo

 

Banyak orang ingin berkunjung ke Pulau Komodo karena tempat ini memiliki keindahan yang luar biasa dengan ciri khas hewan-hewan komodo. Namun, berlibur ke pulau ini tentunya memerlukan biaya yang tidak sedikit. Ada banyak komodo yang bisa Anda temui di sana. Maka dari itu, Anda tak bisa sebebas berwisata di tempat lain karena komodo yang hidup di sana sangat liar. Anda tetap harus ekstra berhati-hati karena hewan komodo termasuk hewan kanibal sehingga bila tidak berhati-hati bisa mengancam keselamatan Anda.

Nah, agar keselamatan terjaga perhatikan tips aman wisata menelusuri Pulau Komodo berikut ini:

Jangan sendirian

Untuk menelusuri Pulau Komodo, Anda harus didampingi oleh local ranger. Local ranger akan selalu mendampingi dan mengingatkan agar pengunjung agar selalu berhati-hati. Komodo merupakan hewan dengan penglihatan yang buruk, namun pendengaran dan penciumannya sangatlah baik.

Jangan bersuara kencang

Seperti telah dijelaskan sebelumnya bahwa komodo memiliki pendengaran yang bagus, janganlah bersuara kencang. Jangan pernah membuat kegaduhan saat mengunjungi Pulau Komodo karena hewan komodo bisa mengikuti sumber suara yang terdengar.

Dekati komodo hanya sekitar 8 sampai 10 meter

Banyak wisatawan yang ingin berfoto bersama komodo. Anda juga bisa melakukannya namun ingatlah untuk tetap jaga jarak. Sebaiknya dekati komodo hanya dalam jarak sekitar 8 sampai 10 meter. Itu sudah termasuk dekat demi keamanan. Walaupun Anda sudah didampingi local ranger, tetap waspada karena insting komodo tidak bisa diprediksi.

Jangan berlari atau membuat gerakan tiba-tiba

Saat berada di depan komodo, selalu bersikap tenanglah. Jangan pernah berlari atau membuat gerakan yang bisa mengagetkan komodo. Hal ini bisa membuat Anda dikejar komodo karena hewan itu merasa Anda mengusiknya.

Berlari Zig Zag bila dikejar komodo

Jika sudah terlanjur dikejar komodo, sebaiknya berlari zigzag atau naik ke tempat yang lebih tinggi. Anda bisa naik ke atas rumah-rumah yang ada disana. Namun, sebaiknya tetap berhati-hati jangan sampai dikejar komodo. Walaupun lari zigzag sulit diikuti komodo, namun hewan ini mampu berlari sampai 18 km per jam.

Jangan pisah dari rombongan

Jangan sampai pisah dari rombongan saat berkunjung ke Pulau Komodo. Anda bisa saja tidak mengetahui keberadaan komodo saat sendirian karena komodo memiliki warna kulit yang bisa menipu mata.

Wanita yang sedang haid, berhati-hatilah lebih ekstra

Jika ada wisatawan wanita yang sedang haid, komodo bisa mencium bau darah yang amis. Maka dari itu, dibutuhkan kewaspadaan yang lebih ekstra jika Anda berkunjung ke sana dalam keadaan haid. Sebaiknya selalu berada di dekat local ranger agar Anda merasa aman.

Demikianlah tips aman wisata menelusuri Pulau Komodo. Lakukanlah beberapa hal di atas sehingga liburan Anda mengunjungi hewan komodo bisa seru, asik dan aman.

(Ika Pratiwi)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *