Tips Aman Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi

By | July 31, 2016

 

bayi

Apa itu biang keringat?

Biang keringat merupakan kelainan kulit yang disebabkan oleh retensi keringat. Banyak orang menyebutnya dengan istilah lain yaitu keringat buntet. Biasanya biang keringat sering terjadi pada bayi, namun sebenarnya bisa juga terjadi pada orang dewasa. Terutama bayi yang baru lahir sering mengalami biang keringat. Hal tersebut karena adanya penyumbatan kelenjar keringat bayi yang belum berkembang sempurna. Akibatnya, munculah benjolan-benjolan kecil berisi air warnanya kemerahan.

Bagaimana cara aman mengatasi biang keringat pada bayi?

Apabila bayi Anda terkena biang keringat, cara mengatasinya sangat mudah. Langkah utama yang harus Anda lakukan yaitu hindari penyebab biang keringat seperti karena panas dan lembab yang berlebih. Setelah itu, biang keringat bisa diatasi dengan beberapa cara berikut ini:

  • Hindari Panas dan Lembab yang Berlebih

Anda harus menempatkan bayi pada ruangan yang baik dengan dilengkapi oleh ventilasi sehingga pertukaran udara di dalam ruangan lancar. Lalu, saat udara gerah, gunakan kipas angin untuk membuat bayi tetap dalam kondisi sejuk.

  • Ganti Pakaian lembab dengan Pakaian yang Bisa Menyerap Keringat

Usahakan bayi selalu memakain pakaian yang terbuat dari bahan yang bisa menyerap keringat dengan baik. Sebaiknya hindari memilih pakaian bayi yang terbuat dari bahan nilon atau satin karena tidak bisa menyerap keringat. Bahan katun sangat baik untuk bayi karena menyerap keringat dengan baik. Kemudian, jangan pakaikan pakaian yang terlalu ketat.

  • Obat Topikal

Anda bisa menggunakan beberapa jenis obat topikal untuk mengobati biang keringat. Misalnya, Anda bisa menggunakan lotion kalamin agar kulit bayi lembut dan rasa gatal bisa berkurang. Apabila bayi Anda rewel, oleskan lotion ini pada kulit bayi.

Lalu, Anda bisa menggunakan bedak salisil agar rasa gatal berkurang. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan salep kortikosteroid (hidrokortison). Akan tetapi, jenis krim ini hanya bisa digunakan atas saran dokter.

Bagaimana pencegahan biang keringat pada bayi?

Selain melakukan beberapa cara penyembuhan biang keringat, Anda juga harus melakukan pencegahan supaya biang keringat tidak muncul kembali. Caranya cukup sederhana, yaitu:

Anda harus membuat bayi tidak kepanasan karena kulit yang panas bisa menyebabkan biang keringat. Usahakan bayi selalu dalam keadaan sejuk dengan menggunakan pakaian yang tidak ketat, tipis, dan terbuat dari bahan yang bisa menyerap keringat.

Saat udara panas atau ketika matahari sedang terik, usahakan bayi tetap di dalam ruangan yang sejuk. Bayi perlu minum yang banyak saat cuaca panas agar tidak terjadi dehidrasi.

Itulah beberapa tips aman mengatasi biang keringat pada bayi.Apabila biang keringat belum juga reda dalam waktu lebih dari 4 hari, sebaiknya segera bawa ke dokter untuk diperiksa lebih lanjut. Anda juga harus segera membawa bayi apabila biang keringatnya semakin meluas dan parah.

(Ika Pratiwi)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *