Tips Agar Tidur Lebih Nyenyak

By | July 23, 2016

tips-tidur-nyenyak

Tidur merupakan hal penting yang harus Anda perhatikan untuk menjaga keadaa tubuh tetap fit. Tidur merupakan waktu efektif di mana kita mengistirahatkan tenaga dan pikiran. Beberapa orang mungkin mengalami gangguan tidur. Jika kualitas tidur tidak baik. kegiatan harian rutin Anda akan terganggu.

Anda harus berusaha untuk membuat kualitas tidur menjadi baik. Hal ini untuk membuat aktivitas di esok hari menjadi optimal. Orang yang kurang tidur akan merasa lemas dan pusing. Berikut ini ada beberapa tips agar tidur lebih nyenyak yang bisa Anda praktekan agar bisa tidur lebih nyenyak setiap malam.

Atur jam tidur

Anda harus mengatur jam tidur dengan sebaik-baiknya. Tetapkan jam berapa Anda harus tidur dan bangun. Jika Anda sudah menetapkan jamnya, patuhilah dan jangan diabaikan. Lakukan hal tersebut setiap hari sehingga akan menjadi kebiasaan.

Jangan makan dan minum sebelum tidur

Ketika akan beranjak tidur, hindarilah makan dan minum berlebihan. Anda akan sulit tidur jika perut dalam keadaaan kekenyangan.

Ciptakan kamar tidur dengan suasana tenang dan nyaman

Kondisi kamar akan mempengaruhi kualitas tidur Anda. Tidak percaya? Cobalah buktikan. Anda akan merasa tidur lebih nyaman saat berada pada kamar yang tenang dan nyaman. Untuk menambah ketenangan kamar, putarlah alunan musik lembut dan tempatkan lampu kamar tidur yang cahayanya redup. Sebelum tidur, pastikan matikan televisi agar tidak terganggu oleh gaduhnya suara televisi yang masih menyala.

Pilih kasur yang nyaman

Selain suasana kamar yang menentukan kualitas tidur Anda, saatnya Anda memilih kasur yang nyaman. Jangan pilih kasur dengan ukuran terlalu kecil sehingga Anda akan sulit bergerak.

Jangan terlalu lama tidur siang

Meskipun tidur siang itu bagus untuk kesehatan, Anda harus membatasi lama tidurnya. Hal ini agar tidak mengganggu kualitas tidur malam. Lama tidur siang yang ideal yaitu sekitar 10 sampai 10 menit.

Rajin olah raga pagi

Olah raga akan menjaga keadaan tubuh tetap baik. Lakukan olahraga setiap hari meski hanya sebentar. Kebiasaan olah raga pagi akan membantu meningkatkan kualitas tidur semakin baik.

Atur pekerjaan dengan sebaik- baiknya

Catatlah semua pekerjaan yang akan Anda lakukan pada pagi harinya. Anda akan terhindar dari beberapa masalah di esok hari. Tulis juga solusi tentang tugas yang harus Anda kerjakan. Setelah Anda mencatat semuanya, Anda akan tidur lebih tenang karena tidak terlalu pusing memikirkan tentang apa saja yang akan Anda lakukan di hari berikutnya.

Memiliki kualitas tidur baik sangat dibutuhkan oleh setiap orang. Kondisi kesehatan akan jauh lebih sehat jika Anda menerapkan pola tidur berkualitas. Semoga tips agar tidur lebih nyenyak bisa Anda lakukan untuk mendapatkan tidur dengan kualitas baik.

(Ika Pratiwi)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *