Tips Agar Tidak Mabuk Perjalanan Saat Naik Pesawat

By | July 30, 2016

tips-naik-pesawat

Mabuk udara sering dialami oleh banyak orang. Jika Anda termasuk salah satu dari mereka, tentu saja ini menjadi masalah yang cukup serius. Biasanya, mabuk perjalanan dikarenakan oleh kondisi tubuh yang tidak fit. Anda akan merasa pusing dan mual saat mabuk perjalanan. Hal ini tentu akan memberikan dampak buruk bagi liburan Anda. Nah, sebelum melakukan perjalanan naik pesawat, berikut ini ada beberapa tips agar tidak mabuk perjalanan.

Bawa Peppermint

Selalu sedia permen rasa peppermint saat melakukan perjalanan naik pesawat. Permen ini memiliki manfaat menghilangkan rasa mual dan pusing. Minyak beraroma peppermint bisa juga Anda bawa untuk dioleskan pada bagian perut dan leher.

Pilih posisi tempat duduk yang tepat

Tempat di mana Anda duduk penting untuk diperhatikan agat tidak mabuk perjalanan. Apabila Anda takut ketinggian, janganlah memilih tempat duduk yang dekat dengan jendela. Sebaliknya, jika Anda tidak takut ketinggian, Anda bisa memilih posisi duduk dekat jendela sebab memandang ke luar jendela bisa mengurangi mual dan pusing.

Jangan terlalu banyak makan dan minum sebelum naik pesawat

Jangan buat perut Anda terlalu kenyang sebelum naik pesawat. Perut yang terlalu kenyang bisa menyebabkan mabuk perjalanan. Namun, Anda juga tidak boleh mengosongkan perut karena bisa juga membuat mabuk perjalanan. Makan dan minumlah secukupnya agar tidak mabuk saat naik pesawat.

Hindari makanan berkarbohidrat dan kadar gula yang tinggi

Tips selanjutnya agar tidak mabuk perjalanan saat naik pesawat yaitu hindari makanan yang berkarbohidrat dan kadar gula tinggi. Hal ini karena bisa memicu adrenalin yang membuat Anda panik. Keadaan ini akan memicu pusing dan mual. Sebaiknya makanlah jenis makanan yang mengandung protein dan vitamin yang cukup.

Jangan membaca buku saat laju pesawat tidak stabil

Membaca buku saat pesawat tidak stabil bisa membuat pusing karena Anda harus berusaha keras untuk fokus. Tunggulah sampai laju stabil untuk membaca buku.

Santai dan jangan tegang

Mabuk udara juga bisa dipicu oleh perasaan tegang. Oleh karena itu, bersikaplah yang tenang dan santai dengan memikirkan hal-hal yang menyenangkan. Misalnya saja Anda bisa menikmati tontonan yang disediakan oleh maskapai penerbangan sebagai hiburan agar tidak tegang.

Jika Terpaksa, Minum obat anti mabuk sebelum naik pesawat

Jika terpaksa, minum obat anti mabuk merupakan cara yang cukup efektif untuk mencegah mabuk perjalanan naik pesawat. Namun, berhati-hatilah karena obat anti mabuk biasanya mengandung bahan-bahan kimiawi dan juga dapat membuat Anda akan merasa ngantuk saat perjalanan. Jika bisa batasi penggunaan obat-obatan kimia.

Itulah beberapa cara pencegahan agar Anda tidak mabuk perjalanan saat naik pesawat. Terapkan beberapa tips wisata di atas sehingga Anda terhindar dari mabuk udara yang menyebalkan. Semoga informasi ini bermanfaat.

(Ika Pratiwi)

 
Share

One thought on “Tips Agar Tidak Mabuk Perjalanan Saat Naik Pesawat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *