Tips Agar Smartphone Android Kamu Tidak Lemot

By | July 31, 2016

smartphone

 

Smartphone lemot seringkali membuat kita merasa sebal. Kondisi ini membuat kinerja smartphone tidak optimal. Tentu saja Anda juga merasa tidak nyaman menggunakannya. Niat ingin membeli smartphone baru, tapi apa daya dana tak ada. Sebetulnya apa sih penyebab smartphone mulai melambat? Mungkin pertanyaan ini selalu ada di benak Anda.

Memang, semua perangkat elektronik memiliki masa penggunaanya. Semakin lama usianya, maka kinerjanya tidak sebagus waktu masih baru, termasuk smartphone Anda. Pastinya di awal penggunaan, sistem operasinya sangat lancar. Namun, seiring berjalannya waktu dalam penggunaan, smartphone berubah menjadi melambat.

Faktor penyimpanan memori merupakan salah satu penyebab mengapa andoid lemot. Jika Anda menyimpan terlalu banyak file, kinerja smartphone akan menurun. Untuk mengatasi lemotnya sistem smartphone, berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan:

Gunakan Micro SD berkualitas

Ketika memilih Micro SD untuk smartphone, jangan asal-asalan. Anda harus memperhatikan kualitasnya supaya tidak membuat kualitas sistem smartphone menurun. Asal-asalan memilih micro SD bisa membuat kinerja smartphone menurun.

Kurangi penggunaan widget

Anda tahu widget? Widget merupakan bentuk shortcut dari icon yang terletak di homescreen. Sebenarnya, fungsi dari widget untuk mengupdate informasi secara berkala. Untuk menjaga kualitas kinerja smartphone Anda, kurangi penggunaan widget. Selain bisa menurunkan kinerja widget, penggunaan widget juga bisa membuat batre smartphone boros.

Kurangi jumlah aplikasi

Biasanya banyak orang memiliki banyak aplikasi karena banyaknya fitur yang ditawarkan oleh Google Play Store. Ketika hendak mengunduh aplikasi baru, pertimbangkan tentang ketersediaan memori, RAM serta processor pada smartphona Anda. Aplikasi yang terlalu banyak bisa membuat kinerja smarphone lemot. Cukup gunakan aplikasi sewajarnya dengan memilih jenis aplikasi yang memang dibutuhkan.

Matikanlah Live Wallpaper
Apa sih fungsi live wallpaper sesungguhnya? Fungsi live wallpaper ini hanyalah untuk memperindah tampilan layar smartphone saja. Apabila smartphone Anda memiliki processor dan RAM yang besar, tak masalah Anda mengaktifkannya.

Namun, jika smartphone Anda tidak support untuk penggunaan fitur tersebut, bisa-bisa membuat kinerja smartphone menurun sehingga lemot.

Hapuslah secara berkala cache pada memori

Apakah Anda tahu cache? Saat seseorang sering browsing di internet, smartphone akan secara otomatis menyimpan alamat web yang pernah dikunjungi satu persatu. Jika Anda tidak pernah menghapus cache tersebut, Smartphone akan melambat karena ruang penyimpana memorinya penuh oleh cache. Sebaiknya, lakukan penghapusan cache secara berkala agar tidak terjadi penumpukan yang bisa membuat smartphone tetap lancar.

Hapuslah SMS secara berkala
Selain cache, terlalu banyak menyimpan SMS juga bisa berpengaruh terhadap kinerja smartphone. SMS akan disimpan di memori internal smartphone. Otomatis, jika lama tidak dihapus maka akan memenuhi penyimpanan memori internal smartphone.

Agar smartphone tidak lemot, hapuslah SMS secara berkala agar penyimpanan memori tidak penuh.

Lakukan restart pada Samrtphone
Anda perlu melakukan restart pada smartphone. Kinerja smartphone akan kembali normal setelah dilakukan restart. Jadi, cara ini cukup efektif untuk mengatasi smartphone yang lemot.

Itulah beberapa tips agar smartphone androidmu tidak lemot. Semoga bermanfaat.

(Ika Pratiwi)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *