Tips Agar Bisa Bangun Pagi

By | July 16, 2016

tips-bangun-pagi

Apakah Anda termasuk orang yang susah bangun pagi? Hmm, tentunya ini bukan kebiasaan yang bagus. Apalagi jika Anda harus bekerja di pagi hari. Jika bangun kesiangan, tentu Anda akan mendapatkan teguran dari atasan. Orang yang bangun kesiangan juga akan meninggalkan sarapan guna mengejar waktu. Hal ini tentu berdampak buruk bagi kesehatan.

Berikut ini beberapa tips agar bisa bangun pagi sehingga Anda bisa melakukan aktivitas lebih awal:

Setting Alarm

Cara ini sudah dilakukan oleh banyak orang. Faktanya ada yang berhasil ada yang tidak. Kebanyakan mereka yang tidak berhasil karena meletakkan alarm di dekat tempat tidur. Ketika alarm berbunyi, hal yang dilakukan yaitu mematikannya dan kembali tidur lagi.

Anda bisa tetap menggunakan alarm namun dengan cara yang berbeda. Caranya yaitu dengan mengaturnya pada volume keras dan jumlah alarm berbunyi beberapa kali. Tempatkan alarm agak jauh dari tempat tidur. Mau tidak mau, Anda akan berdiri untuk bisa mematikan alarm tersebut karena terganggu dengan suara keras yang berbunyi berkali-kali. Setelah mematikan alarm, jangan tidur lagi. Minum segelas air putih yang sudah Anda siapkan pada malam harinya. Perlahan rasa ngantuk akan hilang dan tubuh menjadi lebih segar.

Tidur berkualitas

Agar bisa bangun lebih pagi, Anda harus memiliki kualitas tidur yang baik. Kenyamaan saat tidur merupakan faktor yang penting karena akan mempengaruhi kualitas tidur.

Jangan minum minuman berkafein

Anda harus menghindari minum kopi dan makan cokelat karena bisa membuat tidur menjadi tidak nyaman. Hal ini terjadi karena perut terasa bergejolak.

Memikirkan resiko jika telat bangun

Memikirkan resiko yang akan ditanggung jika telat bangun tidur cukup efektif membuat Anda bisa bergegas bangun dari tempat tidur. Misalnya saja jika Anda memiliki kebiasaan telat datang ke kantor, Anda bisa saja dipecat sehingga tidak memiliki pekerjaan.

Kurangi aktifitas di malam hari

Agar tidak bangun kesiangan, Anda harus mengurangi aktifitas di malam hari. Hindari begadang di malam hari karena akan menguras tenaga sehingga telat bangun pagi.

Bagaimana? Tertarik untuk bisa bangun pagi? Kebiasaan bangun pagi sangat baik jika dilakukan. Anda tidak perlu tergesa-gesa bersiap pergi ke kantor atau melakukan sesuatu. Bahkan, Anda bisa bersantai di pagi hari dengan menghirup udara segar yang belum tercampur dengan polusi.

(Ika Pratiwi)

Gambar : Image courtesy of Stuart Miles at FreeDigitalPhotos.net

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *