Tips Agar Balita Mudah Tidur Siang

By | July 17, 2016

tips-menidurkan-bayi

Manfaat tidur siang bagi balita sangat bagus bagi kesehatannya. Si kecil akan lebih segar dan memiliki siklus tidur malam dengan kualitas yang baik. Akan tetapi, sering didapati balita sulit diajak tidur siang. Ini menjadi tantangan tersendiri bagi Anda untuk bisa menidurkan si kecil. Jika sudah terbiasa tidur siang, anak akan tidur dengan sendirinya.

Cobalah tips agar balita mudah tidur siang berikut ini supaya Anda bisa menidurkan si kecil dengan mudah.

Tentukan jam tidur siang

Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu menentukan jadwal jam tidur siang. Hal ini akan menjadi sebuah rutinitas bagi balita. Usahakan anak Anda tidur di jam yang sama setiap harinya.

Berikan makanan agar balita dalam kondisi kenyang

Balita cenderung mudah tidur bila dia dalam kondisi kenyang. Perut kenyang akan membuatnya menjadi tenang. Sebaliknya, rasa lapar akan membuat si balita menjadi rewel sehingga susah tidur.

Lakukan kegiatan sebelum tidur

Melakukan beberapa kegiatan menyenangkan sebelum balita tidur merupakan cara yang cukup efektif. Pilihlah beberapa kegiatan yang anak Anda sukai. Misalnya saja dengan bermain, mewarnai, atau main tebak-tebakan. Setelah beberapa lama melakukan kegiatan menyenangkan tersebut, si anak akan merasa capek. Kondisi ini memudahkan Anda untuk mengajaknya tidur siang.

Lakukan ritual

Dengan melakukan hal yang sama sebelum tidur, balita akan mengingat kalau ritual yang dilakukan adalah pertanda dia harus tidur siang. Misalnya saja sebelum tidur dilakukan kegiatan cuci tangan dan kaki, pipis terlebih dahulu, dan masuk kamar mendengarkan cerita anak dari Anda.

Ciptakan suasana yang nyaman dan tenang

Jangan ada kegaduhan ketika akan menidurkan balita. Segala sesuatu yang bisa mengganggu ketenangannya sebaiknya disingkirkan. Misalnya dengan mematikan TV dan smartphone. Untuk membuatnya tenang, Anda bisa memberikan barang kesukaannya seperti boneka untuk menemani tidur.

Jangan tidur terlalu sore

Atur jam tidur siang jangan terlalu sore karena hal ini akan membuat kualitas tidur tidak baik. Biasanya anak balita yang tidur siang terlalu sore karena dia merasa capek sehingga membuatnya rewel. Selain itu, tidur terlalu sore juga akan mengganggu tidur malamnya.

Berpura-pura tidur di samping balita

Jika balita susah tidur, dampingi dia dengan berpura-pura tidur di sampingnya. Hal ini akan memicu balita untuk ikut-ikutan tidur seperti bundanya.

Konsisten

Anda harus melakukan kegiatan-kegiatan menidurkan anak secara konsisten. Jika dia sudah terbiasa, hal ini akan mudah dilakukan. Bahkan waktu tidurnya akan menjadi waktu yang menyenangkan.

Itulah beberapa tips agar balita mudah tidur siang. Cobalah praktekan sehingga anak Anda memiliki kualitas tidur siang yang bagus. Meskipun menidurkan anak tidak mudah, jangan mudah menyerah ya. Teruslah berusaha.

(Ika Pratiwi)

Gambar : Image courtesy of Dominici at FreeDigitalPhotos.net

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *