Resep Dan Cara Membuat Bakso Enak

By | July 16, 2016

cara-membuat-bakso

Bakso merupakan makanan favorit yang disukai semua orang baik anak – anak sampai dewasa. Apalagi pada musim penghujan dimana udara terasa dingin, paling enak memakan bakso dengan kuah kaldu yang hangat, ditambah rasa yang sedikit pedas, pasti akan membuat badan hangat dan terasa segar.

Untuk variasi bakso, para pedagang dewasa ini semakin kreatif. Banyak varian bakso yang ditawarkan dari bakso gepeng, bakso urat, bakso telur, bakso keju, bakso goreng, dan lain sebagainya. Tingginya tingkat kesukaan konsumen pada bakso membuat para pedagang berlomba – lomba membuat varian, bentuk dan rasa bakso terbaik agar konsumen tertarik membeli. Namun sayangnya, beberapa pedagang nakal mencampur bakso dengan bahan pengawet yang berbahaya agar bakso yang diproduksinya bisa awet. Bahan pengawet berbahaya yang dipakai antara lain boraks dan formalin yang sebetulnya bukan untuk pengawet makanan.

Ciri – ciri bakso yang mengandung boraks dan formalin antara lain; tampilan bakso yang lebih putih, kenyal dan bila ditekan cepat kembali ke bentuk semula.

Untuk menghindari hal tersebut, tidak ada salahnya Anda belajar membuat bakso sendiri yang jelas aman dan sehat untuk dikonsumsi. Membuat bakso sebetulnya mudah dan tidak memerlukan alat – alat khusus.

Berikut resep dan cara membuat bakso yang enak:

Bahan yang dibutuhkan:

  • 500 gram daging sapi tanpa lemak, pilih yang segar
  • 150 gram es batu, hancurkan (bisa juga menggunakan air es super dingin)
  • 50 ml putih telur (dari 2 butir telur diambil bagian putihnya)
  • 3 siung bawang putih, iris tipis dan goreng sampai kecoklatan
  • 3-5 siung bawang putih, haluskan
  • 1 sendok teh garam
  • ½ sendok teh soda kue (bisa memakai baking soda)
  • 150 gram tepung sagu Tani atau tepung tapioka biasa (ukuran berat tepung bisa berbeda – beda, bisa disesuaikan dengan selera kita)
  • Air dalam panci untuk merebus bakso

Cara membuat bakso enak:

  1. Potong – potong daging sapi segar terlebih dulu agar lebih murah dihaluskan di food processor atau blender, beri setengah bagian es batu. Giling hingga halus.
  2. Masukkan putih telur, bawang putih goreng, bawang putih halus, garam dan sisa es batu. Giling lagi hingga benar – benar halus.
  3. Masukkan tepung sagu tani atau tepung tapioka dan soda kue, giling lagi hingga menjadi adonan pasta yang lembut dan mulus
  4. Didihkan air dalam panci untuk merebus. Setelah mendidih, matikan api. Atau bisa juga memakai api kecil sekali, agar air tidak bergolak mendidih, cukup panas saja.
  5. Ambi segenggam adonan bakso kemudian kepalkan tangan dan tekan jemari hingga adonan menyembul keluar dari sela ibu jari dan telunjuk, angkat bulatan adonan dengan sendok dan masukkan kedalam air panas. Bisa juga dibulatkan dengan bantuan 2 sendok teh. Lakukan hingga adonan habis. Biarkan bakso sampai mengambang, kemudian nyalakan atau besarkan sedikit apinya.
  6. Masak bakso dengan air mendidih kecil selama 5 menit agar bakso matang sempurna
  7. Setelah matang, angkat bakso, tiriskan dari air panas dan masukkan kedalam wadah yang berisi air dingin.
  8. Setelah dingin, bakso siap dipakai.
  9. Bakso ini tahan seharian disuhu ruang, tahan seminggu dalam suhu kulkas atau chiller, dan tahan hingga 2-3 bulan dalam suhu beku atau freezer.

Bagaimana, cukup mudah bukan? Silahkan mencoba..

(Marthika)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *