Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Pinggang

By | July 24, 2016

sakit-pinggang

Banyak orang mengalami sakit pinggang ketika melakukan kegiatan sehari-hari. Sakit pinggang memiliki hubungan erat dengan masalah susunan dan fungsi tulang belakang. Ada beberapa ruas tulang belakang yang membentuk kesatuan fungsi sehingga membantu memudahkan melakukan kegiatan yang kita lakukan.

Jangan anggap sepele rasa sakit pinggang karena penyakit ini bisa menyebabkan punggung kaku dan punggung menjadi bungkuk. Orang yang sering terkena penyakit sakit pinggang yaitu orang-orang yang sibuk dengan rutinitas kesehariannya. Misalnya beberapa orang yang bekerja di kantor kemudian terlalu lama duduk. Selain itu, para kaum ibu rumah tangga yang memiliki banyak pekerjaan rumah juga rentan terkena penyakit sakit pinggang. Orang yang mengalami sakit pinggang akan terganggu aktivitasnya karena rasa nyeri yang diderita. Selain itu, sakit pinggang akan berdampak terhadap pembentukan postur tubuh.

Penyebab sakit pinggang

Orang yang mengalami gangguan mekanik pada struktur dan kesatuan fungsi tulang belakang akan mengalami sakit pinggang. Orang yang sering memakai sepatu berhak tinggi bisa mengalami sakit pinggang karena daerah pinggang akan melengku ke depan. Apabila lengkungan ke depan dibiarkan secara terus menerus, hal ini bisa menyebabkan sakit pinggang. Selain karena pemakaian sepatu berhak tinggi, orang akan mengalami sakit pinggang karena kurang melakukan olahraga. Pengaruh beberapa penyakit juga bisa menyebabkan sakit pinggang seperti sakit jantung, kanker, penyakit tulang, ginjal. dan gangguan metabolik.

Cara mengatasi sakit pinggang

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi sakit pinggang, diantaranya yaitu:

  1. Perbanyak latihan olahraga

Dengan olahraga, peregangan otot-otot akan membantu mencegah penyakit sakit pinggang. Jalan jarak pendek dan renang merupakan contoh olahraga yang bisa Anda lakukan.

  1. Turunkan berat badan

Sakit pinggang bisa diredakan dengan menurunkan berat badan. Badan yang gemuk akan membuat pinggang bekerja lebih giat karena menopang berat badan tersebut.

  1. Terapi pijat

Terapi pijat merupakan cara yang sangat efektif untuk mencegah sakit pinggang. Pijat akan mengurangi ketegangan otot pinggang, memperbaiki sirkulasi, meringankan nyeri otot dan meningkatkan endorfin. Endorfin merupakan hormone yang bisa menghilangkan rasa sakit secara alami.

  1. Mandi menggunakan air hangat

Air hangat akan membantu mengurangi sakit pinggang. Otot akan mengendur sehingga menjadi rilek. Aliran darah akan lancar sehingga nyeri pinggang dapat diatasi.

Itulah beberapa cara mengatasi sakit pinggang. Anda bisa memilih beberapa cara untuk dilakukan agar sakit pinggang hilang. Namun, bila Anda sudah melakukan beberapa cara seperti dijelaskan di atas namun sakit pinggang belum juga reda, segeralah periksa ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut. Sebelum terlanjut terkena penyakit pinggang, sangat dianjutkan untuk melakukan beberapa kegiatan pencegahan sakit pinggang. Rajinlah berolahraga dan hindari stress. Semoga informasi ini bermanfaat.

(Ika Pratiwi)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *