Peluang Usaha Tanpa Modal Untuk Pemula

By | July 13, 2016

peluang-usaha

Banyak orang berpikir, memulai bisnis identik dengan kebutuhan modal yang besar. Hal ini biasanya menyurutkan keinginan para pemula untuk memulai bisnis, dengan alasan tidak mempunyai modal. Apalagi para pemula yang minim pengalaman dalam berbisnis, atau bisa juga mahasiswa yang ingin mencari penghasilan sendiri tanpa meninggalkan kuliahnya, pasti bingung memilih bisnis yang cocok yang bisa dikerjakan.

Sebetulnya banyak peluang usaha tanpa modal yang bisa dikerjakan untuk pemula, asal cukup kreatif, gigih dan mau mencoba. Kegagalan para pemula dalam menjalankan peluang usaha tanpa modal biasanya terbentur pada faktor kurang serius dalam menjalankannya, kurang sabar dan bahkan tanpa perhitungan sama sekali, sehingga kerja sambilan itu dijalankan sembarangan dan tidak tahu bagaimana mengembangkannya.

Berikut adalah peluang usaha tanpa modal untuk pemula yang mencoba memulai bisnis.

Menjadi Dropshipper

Berbisnis artinya menawarkan barang atau jasa kepada orang lain. Untuk pemula, kita bisa belajar menawarkan suatu produk barang  tanpa harus mengeluarkan modal, yaitu menjadi dropshipper. Hal ini bisa dilakukan dengan sistem online. Modalnya adalah berani menawarkan suatu produk kepada orang lain. Jika kita memilih sistem online, kita cukup mengambil foto produk yang dijual dari pemilik toko online, dan memasarkannya di situs – situs belanja gratis. Kita tidak akan dipusingkan dengan pengambilan dan pengiriman barang, karena hal tersebut sudah ditangani langsung oleh pemilik toko online. Tugas Anda hanya mencari konsumen yang mau membeli barang tersebut.

Menjadi Reseller Atau Tenaga Marketing

Sebetulnya sistem yang dipakai sama dengan menjadi dropshipper, tapi biasanya diperlukan kriteria yang lebih khusus misalnya harus membeli produk diawal untuk mendapatkan harga reseller. Tapi peluang usaha ini bisa juga dilakukan tanpa modal. Contohnya ada keluarga Anda yang bisa membuat kue kering, Anda bisa menjualnya ke teman, tetangga atau menitipkan ke warung di sekitar tempat Anda tinggal. Tentunya yang mengeluarkan modal adalah saudara Anda yang membuat kue tersebut, tugas Anda cukup memasarkan atau menjual kembali ke konsumen di sekitar Anda baik online ataupun offline.

Menjadi Pengajar Privat

Untuk peluang usaha tanpa modal yang satu ini adalah dibidang jasa. Cocok untuk Anda mahasiswa tingkat akhir ataupun pemula yang memiliki skills tertentu. Misalnya Anda adalah mahasiswa Sastra Inggris tingkat akhir, bisa membuka usaha les Bahasa Inggris. Atau Anda mahasiswa Pendidikan Matematika tentunya bisa membuka usaha les privat matematika. Usaha ini bisa dilakukan dirumah, atau pengajar yang datang kerumah muridnya. Mulailah dengan mencari murid disekitar tempat tinggal Anda, membuat brosur dan menyebarkannya dilingkungan sekolah. Sejauh ini peluang usaha tanpa modal untuk pengajar privat paling banyak dibutuhkan, karena banyak murid – murid sekolah yang merasa kesulitan memahami pelajaran di sekolah sehingga para orang tua mencarikan pengajar privat untuk anak – anaknya.

Demikian 3 peluang usaha tanpa modal untuk pemula memulai bisnisnya. Jangan takut mencoba karena kita tidak tahu sampai dimana kesuksesan kita kalau kita tidak mencoba memulainya. Selamat mencoba.

Baca juga Tips Memulai Usaha Dengan Modal Kecil

(Marthika)

Gambar : Image courtesy of atibodyphoto at FreeDigitalPhotos.net
 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *