Mengenali Jam Biologis Tubuh Manusia

By | July 24, 2016

jam-biologis tubuh

Belum banyak dari kita yang memahami dan mengenali jam biologis organ tubuh kita. Sebetulnya hal itu penting dipahami untuk menjaga kesehatan tubuh kita, karena ternyata masing – masing organ tubuh kita mempunyai jam kerjanya sendiri. Jadi ada saat – saat tertentu dimana organ tubuh sedang menjalankan fungsinya secara maksimal.

Rutinitas kita diawali dengan sarapan di pagi hari, menjalankan aktifitas sepanjang hari dan seterusnya hingga kembali tidur di malam hari. Rutinitas kita ini juga diikuti dengan berfungsinya organ tubuh kita sehingga jam biologis organ tubuh dapat teratur dengan baik. Bila Anda kurang tidur dimalam hari atau begadang, hal ini bisa membuat jam biologis tubuh kita terganggu, dan bisa berakibat lesu atau mengantuk di sepanjang hari.

Untuk memahami lebih lanjut, silahkan membaca artikel dari pertamakali.com berikut ini:

Jam 07.00 – 09.00 Jam Lambung

Pada waktu itu organ lambung sedang bekerja sangat baik sehingga dianjurkan untuk melakukan sarapan pagi. Agar lambung tidak bekerja terlalu berat, hindari makan makanan berat untuk sarapan. Yang paling baik adalah dengan minum jus atau makan buah segar agar penyerapan vitaminnya lebih maksimal.

Jam 09.00 – 11.00  Jam Limpa

Jam tersebut adalah jam Limpa, dimana organ limpa sedang bekerja maksimal mengirimkan cairan nutrisi untuk pertumbuhan. Jika pada jam – jam ini Anda merasa mengantuk, bisa jadi karena Limpa Anda dalam kondisi lemah. Disarankan mengurangi konsumsi gula, lemak, minyak dan protein hewani.

Jam  11.00 – 13.00 Jam Jantung

Pada jam ini organ jantung sedang bekerja sangat giat, sehingga dibutuhkan istirahat sejenak dari aktivitas. Hindari aktivitas fisik dan jaga emosi pada jam-jam ini agar tidak membebani kinerja jantung, terutama bagi yang memiliki gangguan pembuluh darah. Oleh sebab itu gunakan waktu sekitar 15-30 menit untuk istirahat sejenak saat jam ini.

Jam 13.00 – 15.00 Jam Hati / Liver

Jam ini adalah waktu dimana kondisi liver sedang lemah, maka dianjurkan kita beristirahat sebentar pada waktu ini. Karena dengan beristirahat proses regenerasi sel – sel hati menjadi maksimal.

Jam 15.00 – 17.00 Jam Paru – paru

Pada jam 3 – 5 sore ini kondisi paru – paru kita sedang lemah, dianjurkan kita tidak terlalu memaksa tubuh melakukan aktifitas yang berat. Bernafaslah secara perlahan dan teratur untuk mengembalikan energi paru – paru.

Jam 17.00 – 19.00 Jam Ginjal

Pada waktu tersebut ginjal dalam kondisi yang kuat. Pada jam ini terjadi proses pembentukan tulang dan sel – sel otak. Ini adalah waktu terbaik untuk belajar atau melakukan aktifitas yang melibatkan otak.

Jam 19.00 – 21.00 Jam Lambung

Di waktu ini diharapkan Anda sudah selesai makan malam karena lambung sedang dalam kondisi melemah. Diusahakan jangan mengkonsumsi makanan padat yang sulit dicerna lambung pada waktu ini, atau lebih baik Anda berhenti makan.

Jam 21.00 – 23.00 Jam Limpa

Pada waktu ini terjadi pembuangan racun tubuh dan regenerasi sel limpa. Jika pada jam ini wajah kita terlihat pucat, artinya limpa kita mengalami gangguan.

Jam 23.00 – 01.00 Jam Jantung

Jantung kita akan melemah di waktu ini sehingga kita butuh tidur dan beristirahat dengan nyaman untuk pemulihan energi tubuh.

Jam 01.00 – 03.00 Jam Hati / Liver

Jam 1 – 3 dini hari terjadi proses pembuangan racun hasil metabolisme tubuh. Pada waktu ini juga terjadi regenerasi sel – sel hati yang baru.

Jam 02.30 – 4.30 Jam Paru – paru

Pada waktu ini kondisi paru – paru kita dalam keadaan kuat dan terjadi pembuangan racun dan pembersihan kotoran di paru – paru. Bila paru – paru kita kotor, biasanya kita akan batuk, bersin dan berkeringat di jam ini.

Jam 05.00 – 07.00 Jam Usus Besar

Jam 5 -7 pagi adalah jam bilogis untuk usus besar kita. Di waktu ini usus besar dalam keadaan maksimal sehingga biasakanlah buang air besar di jam ini agar kotoran, racun dan sisa sistem pencernaan dapat dikeluarkan semuanya.

Dengan mengenal jam biologis tubuh kita tentunya kita dapat semakin memahami kinerja masing – masing organ di dalam tubuh kita, sehingga kita tidak salah dalam melakukan aktifitas yang malah membebani kinerja organ tersebut.

(Marthika)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *