Mengenal Jenis – Jenis Teh Yang Baik Untuk Kesehatan

By | July 23, 2016

teh-herbal

Siapa yang tidak mengenal minuman yang satu ini. Tanaman yang dijadikan minuman sejak berabad-abad yang lalu ini juga memiliki khasiat yang luar biasa untuk kesehatan manusia. Ada bermacam-macam jenis teh di dunia ini dan masing-masing memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan. Beruntunglah kita tinggal di Indonesia, sebagai salah satu penghasil teh terbesar di dunia.

Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa kebiasaan minum teh sangat baik untuk kesehatan karena kandungan antioksidan yang terkandung di dalam teh, dimana zat ini dipercaya dapat mencegah timbulnya sel-sel kanker dan memperlambat proses penuaan. Berikut ini adalah jenis-jenis teh berikut manfaatnya untuk kesehatan kita.

Teh Oolong

Teh ini dikenal membantu melancarkan pencernaan dan menurunkan kolesterol. Teh Oolong merupakan teh tradisional dari Tiongkok yang dihasilkan melalui proses yang unik, yaitu dengan melakukan proses pelayuan di bawah terik matahari dan proses oksidasi sebelum daun teh berubah melengkung dan kemudian proses semi fermentasinya dilakukan di tempat yang teduh.Teh Oolong memiliki rasa yang kuat dan khas serta aroma yang sangat harum seperti buah-buahan.

Teh Hijau

Teh Hijau kini semaikin populer dikalangan penikmat teh. Teh yang berasal dari negeri sakura ini diproses dengan cara disangrai setelah dikeringkan di bawah sinar matahari dan tidak difermentasikan. Sehingga kandungan nutrisi serta vitaminnya yang tinggi terjaga dengan baik. Teh Hijau kaya akan vitamin C yang sangat berguna untuk daya tahan tubuh, selain itu kadar flouride yang terkandung pada teh hijau ini sangat baik untuk kesehatan tulang dan gigi.

Teh Putih

Teh putih dibuat dari daun teh yang masih sangat muda dan terletak pada bagian bawah pohon teh. Daun teh putih tidak difermentasi, tetapi dikukus lalu dikeringkan di bawah sinar matahari. Khasiat teh putih ini antara lain adalah untuk melawan sel-sel kanker. Seduhan teh ini memiliki warna putih, berbau harum dan manis, serta rasa yang segar.

Teh Hitam

Varian dari teh berikutnya adalah teh hitam. Teh jenis ini lebih teroksidasi daripada teh oolong, teh hijau, dan teh putih. Di dunia barat, teh ini seringkali dicampur dengan beberapa jenis daun. Proses pembuatan teh hitam setelah daun teh dipetik, dilakukan proses fermentasi penuh hingga daun berubah warna menjadi gelap. Teh hitam dikenal di dunia kesehatan untuk mengurangi resiko stroke. Kandungan antioksidannya membantu mengurangi pembekuan pembuluh darah.

Teh Merah

Teh ini merupakan minuman tradisional dari Afrika. Minuman kaya oksidan ini terbukti membantu meningkatkan kinerja sistem kekebalan tubuh dan teh ini juga bebas kafein yang sangat baik untuk kesehatan.

Itulah jenis-jenis teh yang ada di sekitar kita dan sangat baik untuk kesehatan. Selain itu banyak juga varian olahan dari minuman teh yang kita kenal seperti teh susu/teh tarik, Lemon tea, dsb yang juga baik untuk kesehatan tubuh kita.

(Marthika)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *