Memilih Makanan Tepat Untuk Kesehatan Kulit

By | July 24, 2016

Memilih Makanan Tepat Untuk Kesehatan Kulit

Setelah membaca Cara Merawat Kulit Tubuh, Anda juga perlu mengenal makanan yang tepat untuk merawat kesehatan kulit.

Kulit bisa merefleksikan gaya hidup, cara perawatan bahkan apa yang Anda konsumsi. Jika kulit Anda terlihat kusam, berarti ada suatu hal yang menyebabkannya, bisa dari gaya hidup yang tidak baik seperti merokok, begadang atau kurang berolah raga, cara perawatan yang salah, atau juga kurang seimbangnya nutrisi yang kita masukkan ke dalam tubuh kita.

Lalu apa sajakah makanan yang tepat untuk kesehatan kulit? Simak penjelasannya dibawah ini:

Mengandung Vitamin A

Vitamin A bertugas mengatur kerja kelenjar – kelenjar kulit dan mengendalikan kadar minyak dalam kulit. Makanan yang mengadung vitamin A adalah buah –                                     buahan berwarna kuning, sayuran hijau, wortel, minyak ikan, telur dan hati.

Mengandung Vitamin C

Polusi dan radikal bebas di udara dapat menghancurkan serat kolagen alami di dalam kulit. Untuk itu Anda perlu mengimbanginya dengan mengkonsumsi vitamin C agar kulit bisa memperbaiki kerusakan akibat radikal bebas tersebut. Vitamin C juga bisa mencegah kerusakan pembuluh darah yang membawa nutrisi untuk kulit. Sumber vitamin C alami dapat diperoleh dari buah – buahan dan sayur – sayuran seperti kubis, pepaya, kiwi, brokoli dan lain sebagainya.

CoQ10 (Coenzyme Q10)

CoQ10 atau Coenzyme Q10 merupakan zat antioksidan alami yang bermanfaat melindungi tubuh dari radikal bebas. Seiring bertambahnya umur seseorang, produksi antioksidan dalam tubuhnya juga mengalami penurunan. Untuk itu Anda perlu menambah kadar CoQ10 dengan mengkonsumsi makanan – makanan seperti daging sapi dan ikan, terutama ikan tuna dan ikan salmon.

Antioksidan

Sama seperti CoQ10 yang ditemukan di ikan tuna dan ikan salmon, antioksidan juga dapat ditemukan di buah – buahan dan sayur – sayuran berwarna seperti tomat, kentang manis, bayam, bit, kacang – kacangan, jeruk dan lain sebagainya.

Vitamin E

Vitamin E memiliki kegunaan serta fungsi untuk mencegah peradangan dan melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari berlebihan, Vitamin E dapat ditemukan di bayam, asparagus, kacang – kacangan, biji – bijian dan alpukat.

Vitamin B kompleks

Kelompok vitamin B kompleks ini dapat membantu peredaran darah di kulit dan mengendalikan minyak yang berlebihan. Sayur sayuran hijau, kacang-kacangan, berbagai ikan, daging, unggas, telur, serta umbi-umbian adalah bahan-bahan yang kaya vitamin B kompleks.

Air Putih

Air putih dapat membantu tubuh kita dalam memperlancar menyerap nutrisi dan juga membantu dalam proses pembuangan racun tubuh. Mengkonsumsi air putih yang cukup membantu kulit terhindar dari dehidrasi dan kekeringan kulit yang menyebabkan kulit mudah keriput.

Mineral

  • Selenium: memperlambat proses penuaan dengan menangkal radikal bebas. Mineral ini banyak terdapat pada ikan salmon, ikan tuna, ikan kod, bawang putih, hati, ragi, kembang kol, telur, ikan sarden, gandum utuh serta udang.
  • Yodium: dapat mencegah kondisi kulit keriput serta kasar. Bisa didapatkan dari umbi-umbian dan kerang.
  • Sulfur: berperan dalam pernapasan jaringan pada kulit. Kacang-kacangan, sayuran hijau dan ikan adalah sumber sulfur utama.

Dengan memilih makanan yang tepat, diharapkan kita semua dapat menjaga kesehatan kulit. Kulit yang terjaga kesehatannya tentu akan membuat penampilan seseorang menjadi lebih bersih, awet muda, terlihat percaya diri dan terbebas dari berbagai macam penyakit kulit.

(Marthika)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *