Memanfaatkan Hobi Menjadi Peluang Bisnis

By | July 30, 2016

peluang-bisnis

 

Hobi adalah kegiatan yang disukai oleh seseorang. Baik dalam olah raga, seni maupun di dalam berbisnis. Banyak pebisnis sukses menjalankan bisnisnya yang berasal dari hobi. Faktor yang membuat kita sukses menjalankan bisnis yang berdasarkan hobi adalah, karena kita memahami betul seluk beluk hobi tersebut. Kita mengerti bagaimana membuat hobi tersebut menjadi lebih menyenangkan. Akibat faktor itu, maka sangat disarankan mengubah hobi menjadi peluang bisnis. Selain kita menjalankan hobi kita, kita pun bisa mendapatkan penghasilan yang tidak main-main lagi.

Dibutuhkan Passion dalam menjalani bisnis. Ini sebabnya, kebanyakan pebisnis memulai bisnisnya berangkat dari hobi mereka. Namun banyak orang yang tidak berani mengambil resiko untuk memulai bisnis sendiri. Alasan klasik yang selalu dijadikan alasan selalu tidak adanya/kurangnya modal usaha. Padahal untuk memulai bisnis, modal usaha bukanlah hal yang utama. Berikut ini cara untuk memulai menjadikan hobi menjadi bisnis yang menguntungkan.

Kenali Hobi Anda

Anda harus mengenali dahulu apa hobi Anda, yang benar-benar Anda kuasai seluk beluknya. Mungkin ini terdengar aneh, tetapi hal ini terbukti bahwa sebagian orang masih tidak tau hobinya. Lantas bagaimana mungkin kita dapat menentukan sebuah peluang bisnis jika hobi kita saja masih tidak kita ketahui?

Hal penting yang harus dilakukan adalah dengan mencari tau apa hobi Anda, kegiatan apa yang membuat Anda merasa nyaman dan senang, hal apa yang membuat Anda rela membayar untuk melakukan perihal tersebut. Ketika Anda bisa menjawab pertanyaan tersebut, sudah bisa dipastikan hobi yang Anda sukai berpotensi untuk mendatangkan pundi-pundi rupiah.

Tentukan Hobi Anda Yang Menjual

Tujuannya sudah sangat jelas, yaitu tujuan dari bisnis adalah mencari keuntungan. Dengan mengenali hobi Anda yang paling menguntungkan, jelas hal tersebut bisa mendatangkan keuntungan.

Contohnya jika Anda hobi modifikasi motor, Anda pasti tau seluk beluk tentang modifikasi seperti aksesoris yang sedang tren, spare part, dsb. Anda pun tau  barang apa yang paling dibutuhkan oleh orang yang memiliki hobi yang sama dengan Anda, sehingga Anda bisa mencari tau distributornya dan Anda bisa menjualkan produknya.

Bidik Pasar Anda

Setelah Anda menentukan hobi Anda yang berpotensi mendapatkan keuntungan, maka langkah selanjutnya adalah dengan mengenal baik pasar yang Anda bidik. Dengan bekal hobi tersebut tentunya Anda memahami betul apa yang konsumen sukai dan tidak disukai.

Jeli Melihat Persaingan

Persaingan di dalam dunia bisnis adalah hal biasa. Namun dengan jeli melihat kompetitor Anda, maka Anda akan dapat menutupi kekurangan Anda dalam menjalankan bisnis tanpa menjadikan kompetitor sebagai musuh Anda.

Menjadi Lebih Kreatif

Menjadi lebih kreatif dalam menjalankan bisnis kita tentu akan menjadi nilai tambah untuk bisnis kita sendiri. Ide-ide baru dan segar baik dalam mempromosikan produk yang Anda jual hingga menciptakan komunitas pengguna produk Anda, dapat Anda lakukan demi mendapatkan pelanggan loyal.

Dengan memahami dasar-dasar tersebut di atas, Anda bisa mulai merancang bisnis Anda sendiri. Untuk permodalannya, Anda bisa juga mengajak teman yang memiliki hobi yang sama dan menjadikannya mitra usaha. Dengan demikian, Anda juga bisa mendapatkan mitra untuk bertukar ide yang penting dalam menjalankan bisnis Anda.

(Marthika)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *