Manfaat serta Cara Mengetahui Madu Asli atau Madu Berkualitas

By | July 4, 2016

cara-memilih-madu-asli

Madu merupakan cairan manis yang berasal dari nektar tumbuhan yang diproduksi oleh lebah madu. Nektar merupakan senyawa kompleks yang dihasilkan oleh kelenjar necteriffier dalam bunga. Wujud nektar berupa cairan serta memiliki rasa yang manis alami dan aroma yang lembut. Nektar mengandung 50 sampai 90 persen cairan, glukosa, fruktusa, sukrosa, protein, asam amino, karoten, vitamin, minyak, serta mineral esensial bagi tubuh. Nektar yang telah dihisap oleh lebah pekerja akan difermentasikan di dalam perut lebah pekerja kemudian mengubah sukrosa menjadi glukosa dan fruktosa. Selanjutnya lebah pekerja akan menyalurkan nektar ke lebah rumah lewat belalainya untuk kemudian melanjutkan proses fermentasi dengan menelan dan mengelurakan cairan nektar tersebut berulang-ulang agar proses ekstraksi air dan pembersih nektar dari racun dan mikroba serta adanya penambahan asam amino, lipid dan elemen-elemen lain.

Selanjutnya lebah akan menyimpan nektar yang sudah diproses menjadi madu tersebut di dalam sel-sel sarang. Kemudian madu akan mengalami ekstraksi air, pembentukan  monosakarida, dan pengayaan campuran aromatik. Setelah 3-7 hari, lebah menutup sel tersebut dengan malam atau sejenis lilin untuk mematangkan madu tersebut
sampai siap dipanen.

Berikut ini merupakan beberapa manfaat serta khasiat madu bagi kesehatan :

Memiliki Efek Antibakteri

Zat antibakteri pada madu muncul karena adanya efek osmotik yang berasal dari tingginya kandungan gula pada madu yaitu sekitar 84 % dibanding kadar airnya sekitar 15 %. Sedikitnya kadar air dibanding kadar gula ini membuat bakteri tidak dapat hidup pada madu. Efek antibakteri madu ini berbeda-beda tergantung sumber nektarnya. Beberapa sumber mengatakan bahwa madu yang lebih gelap seperti madu manuka dan madu buckwheat memiliki kadar antioksidan yang lebih tinggi. Beberapa ahli  mengatakan bahwa efek  antibakteri madu yang terbaik diperoleh dengan cara mengoleskan, dan secara umum akan berkurang efeknya jika bercampur dengan zat lain atau diencerkan. penelitian terakhir juga mengatakan bahwa efek antibakteri madu juga efektif jika madu ditelan, misalnya pada infeksi pencernaan atau maag.

Sumber Energi serta Obat penyakit Kronis

Manfaat madu lainnya selain sebagai pengobat maag juga sebagai sumber enargi. Madu adalah sumber karbohidrat siap pakai yang alami di mana untuk satu sendok makan madu setara dengan 17 gram karbohidrat. Indeks glikemik madu yang rendah dapat mengurangi risiko kekurangan gula saat latihan dan dapat meningkatkan persediaan karbohidrat selama latihan.

Madu sebagai sumber energi dan nutrisi dibuktikan oleh kandungannya yaitu mengandung 3.500 kilokalori/ kg madu. Selain itu madu juga mudah dicerna, sehingga mereka yang kekurangan enzim amilase (enzim pencernaan) akan mendapatkan keuntungan saat mengkonsumsi madu asli karena madu bisa langsung diserap dan digunakan untuk aktifitas sel untuk menghasilkan energi.

Sebagai Terapi Diare

Manfaat lain dari madu adalah membantu mengganti cairan tubuh yang hilang saat menderita diare. Terapi diare adalah dengan mengganti cairan yang hilang dengan memberi cairan gula garam atau oralit. Gula akan akan meningkatkan penyerapan garam. Jika gula diganti dengan madu akan jah lebih menguntungkan karena madu mengandung fruktosa yang meningkatkan serapan air dan menurunkan serapan garam natrium sehingga mencegah kelebihan natrium dalam tubuh.

Mengobati Paru-paru

Sudah sejak lama madu dapat digunakan untuk mengobati paru-paru. Manfaat madu dalam pengobatan tuberculosis adalah untuk meningkatkan daya tahan tubuh pasien. Penderita tuberculosis yang mengkonsumsi madu diharapkan akan meningkat berat badannya, batuknya berkurang, serta kadar hemoglobinnya akan meningkat.

Mengatasi Gangguan Flu

Manfaat lain madu adalah untuk mengatasi gangguan flu. Campurkan madu pada air jeruk hangat atau susu dengan perbandingan 1 jeruk atau segelas susu hangat dengan 100 gram madu, dapat memberikan efek menenangkan dan menyegarkan pernafasan. Sementara untuk mengusir batuk, perasan jeruk lemon yang dibakar dengan tambahan madu adalah resep obat batuk alami yang dikenal sejak lama. Bila batuk yang diderita cukup parah, minum satu sendok makan madu saat bangun tidur, satu sendok setelah makan, dan satu sendok sebelum tidur. Takaran dapat dikurangi jika batuk mereda.

Semakin berkualitas madu semakin banyak manfaat yang dapat Anda peroleh dari madu tersebut, sehingga Anda perlu tahu ciri madu yang berkualitas atau madu asli sebelum Anda membelinya. Berikut ini tips cara mengetahui madu Asli atau madu yang berkualitas :

  • Madu Asli atau madu berkualitas bersifat menyerap air yang jika dibiarkan di tempat terbuka dengan kelembaban udara tinggi akan semakin encer
  • Tuangkan madu dalam segelas air. Madu asli akan jatuh ke dasar gelas dengan sempurna dan air di dalam gelas akan tetap jernih jika tidak diaduk. Hal ini akan berbeda dengan madu yang sudah bercampur zat lain, di mana madu tersebut akan cepat membuat air dalam gelas menjadi keruh.
  • Madu asli biasanya akan mengeluarkan gas saat dikocok serta dapat membuat tutup botol meletup saat dibuka
  • Biasanya madu asli tidak akan disemuti meskipun dibiarkan terbuka
  • Dapatkan madu asli langsung dari peternakan lebah jika memungkinkan. Jika jauh dari peternakan lebah belilah madu dari agen atau distributor yang dapat dipercaya.

Demikianlah manfaat serta tips cara mengetahui madu asli yang dapat dijadikan panduan sebelum Anda membeli dan mengkonsumsi madu untuk kesehatan. Semoga tips ini dapat bermanfaat bagi Anda untuk menjaga kesehatan serta mengobati penyakit.

Gambar : Image courtesy of happykanppy at FreeDigitalPhotos.net
 
Share

One thought on “Manfaat serta Cara Mengetahui Madu Asli atau Madu Berkualitas

  1. seli

    apakah bener min untuk point yang ini ( Biasanya madu asli tidak akan disemuti meskipun dibiarkan terbuka )…

    padahal setiap aku beli di indo mart ada label aslinya, meskipun ada tulisan (jika tidak asli uang kembali )

     
    View Comment
    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *