Manfaat Pepaya Untuk Kesehatan

By | July 24, 2016

manfaat-pepaya

 

Buah Pepaya dengan nama ilmiah Carica papaya, adalah jenis tumbuhan genus yang tumbuh dengan subur pada daerah beriklim tropis. Diperkirakan berasal dari negara Meksiko bagian selatan dan negara Amerika Serikat bagian utara, penyebaran pepaya sudah mencakup seluruh dunia.

Buah pepaya bisa dikonsumsi sebagai pengisi perut disaat lapar ataupun pengobatan karena memiliki zat atau kandungan yang baik untuk memproteksi tubuh dari berbagai macam penyakit. Daging yang lembut banyak membantu orang melancarkan buang air besar yang sebelumnya macet, karena buah ini memang mudah dicerna tubuh.

Berikut ini kandungan nutrisi yang dapat Anda temukan pada sebongkah buah pepaya ukuran apapun.

  • Vitamin A (Retinol)
  • Vitamin B kompleks
  • Vitamin C
  • Kalsium
  • Niacin
  • Riboflavin
  • Kalori
  • Zat Besi
  • Fosfor
  • Kalium
  • Karbohidrat
  • Lemak, dan
  • Protein

Hampir 50 % zat atau kandungan vitamin terkandung di dalam buah pepaya, jadi tentu saja bisa dipastikan bahwa pepaya sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Untuk itu pertamakali.com akan merangkum manfaat pepaya ini bagi kesehatan tubuh Anda.

Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin A, C dan E yang terdapat dalam buah pepaya, berperan aktif untuk menjaga kecantikan maupun kesehatan, salah satunya untuk melembabkan dan mencerahkan serta menyegarkan kulit yang kusam.

Mengoptimalkan Fungsi Pencernaan

Pepaya mengandung serat yang tinggi dan mampu diserap sempurna oleh sistem pencernaan tubuh kita. Sementara kandungan antioksidannya dipercaya dapat membuang atau membersihkan sisa makanan yang terdapat pada usus serta membuangnya melalui saluran pembuangan.

Memilimalisir Resiko Mata Rusak

Jika Anda dalah orang yang terus bertatapan dengan layar kaca atau komputer tiap harinya, penuhi kebutuhan vitamin A, supaya mata Anda tetap sehat dan lebih segar. Caranya yaitu rutin mengkonsumsi daging pepaya pada jam-jam tertentu, misalnya minimal satu jam sehabis makan atau waktu istirahat. Dengan demikian risiko mata mengalami kerusakan semakin kecil.

Menangkal Radikal Bebas

Rajin-rajinlah makan buah pepaya karena kandungan antioksidannya mampu menangkal radikal bebas. Kandungan vitamin C pada pepaya 48 kali lebih banyak dari yang ada dalam buah apel.

Anti Inflamasi

Enzim papain dan chymopapain yang terdapat di dalam buah pepaya memiliki khasiat serta efek sebagai anti peradangan (anti inflamasi) serta membantu dalam penyembuhan luka bakar. Zat Anti oksidan yang terdapat dalam buah pepaya seperti vitamin C dan beta karoten juga turut andil dalam menurunkan efek inflamasi. Jadi buah ini baik bagi penderita sakit inflamasi seperti osteoarchritis, rematik, asma dan baik bagi penderita alergi.

Melindungi Sistem Kardiovaskular

Kombinasi dari Vitamin C, Flavonoid, vitamin B, folat, pantothenic acid dan beberapa mineral, magnesium, potassium serta tembaga bersama dengan kandungan serat yang tinggi memberikan perlindungan terhadap penyakit-penyakit kardiovaskular seperti serangan stroke dan penyakit jantung koroner.

Nah, itulah manfaat buah Pepaya untuk kesehatan tubuh kita. Sayang rasanya jika kita tidak suka mengkonsumsi buah yang satu ini. Selain mudah di dapat, harga buah pepaya pun relatif murah. Anda juga bisa mengolahnya dengan membuat jus pepaya, es buah dengan campuran pepaya, mencampurkan irisan pepaya dengan perasan jeruk nipis atau lemon, dsb, untuk variasi penyajian pepaya.

Semoga artikel di atas bermanfaat bagi kesehatan Anda..

(Marthika)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *