Manfaat Minyak Zaitun Untuk Tubuh

By | July 24, 2016

minyak-zaitun

Minyak zaitun berasal dari tanaman zaitun yang banyak tumbuh di wilayah mediterania. Olive oil atau biasa disebut dengan minyak zaitun merupakan minyak yang terkandung di dalam buah zaitun. Minyak ini merupakan kategori minyak sehat dan banyak mengandung lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan. Manfaat minyak zaitun sejak dahulu juga dikenal sangat berguna untuk memelihara kecantikan dan kesehatan.

Di setiap 100 gram minyak zaitun terdapat sejumlah nilai gizi :

  • Energi – 3701 kJ (885 kcal)
  • Karbohidrat – 0 g
  • Lemak – 100 g.
    – Jenuh (14 g)
    – Tak jenuh tunggal (73 g)
    – Tak jenuh ganda (11 g)
    – Omega-3 lemak (<1,5 g)
    – Omega-6 leak (3,5-21 g)
  • Protein – 0 g
  • Vitamin E – 14 mg (93% dari asupan harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa)
  • Vitamin K – 62 mg (59% dari asupan harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa)

Berikut ini pemanfaatan minyak zaitun untuk kecantikan dan juga kesehatan. Kita dapat membagi khasiatnya untuk kecantikan kulit hingga untuk kesehatan tubuh.

  1. Memberikan Kelembaban Kulit

Pada umumnya orang Indonesia sering mengalami masalah kulit yang kering, oleh karena itu kita sangat membutuhkan makanan kulit alami untuk memberikan kelembapan ekstra. Kandungan manfaat vitamin E pada minyak zaitun ini sangat baik untuk memberikan kadar minyak alami.

  1. Mencegah Penuaan Dini

Kandungan zat linoleic acid di dalam minyak zaitun akan membantu menjaga kadar air pada kulit wajah agar tidak muncul keriput.

  1. Menghilangkan Noda Jerawat

Minyak zaitun juga dapat menghilangkan noda jerawat yang membandel secara alami. Cukup panaskan sebentar minyak zaitun kemudian oleskan pada bagian wajah yang terdapat noda jerawat.

  1. Anti Inflamasi

Di dalam minyak zaitun dipenuhi oleh antikosidan jenis polifenol, yang membantu melindungi sel-sel dari ancaman kerusakan. Senyawa polifenol inilah yang mengandung sifat anti inflamasi. Para ilmuwan telah banyak melakukan penelitian pada efek polifenol ini, yang baik terhadap tulang dan kesehatan pencernaan. Pada penelitian lain menunjukkan bahwa minyak zaitun ini  berpotensi terhadap peningkatan fungsi otak (kognitif) dan memori.

  1. Mengontrol Tekanan Darah

Menambahkan minyak zaitun dalam makanan sehari-hari selama lebih dari 6 bulan, dapat mengontrol tekanan darah. Pada beberapa kasus yang ditemukan, baik yang bertekanan darah rendah atau tekanan darah tinggi benar-benar dapat menurunkan takaran obat  atau malah menghilangkannya sama sekali.

  1. Kolesterol Baik

Minyak zaitun masuk ke dalam daftar makanan bukan lemak jenuh dan mampu menurunkan kadar kolesterol/kolesterol tinggi.

  1. Mencegah Kanker

Dari penelitian ditemukan bahwa adanya pengaruh bagi orang yang mengkonsumsi minyak zaitun untuk menurunkan risiko terjadinya kanker kolorektal. Selain itu, untuk wanita yang menyukai penggunaan minyak zaitun ini, diduga dapat memberikan perurunan risiko terjadinya kanker payudara.

  1. Mencegah Stroke

Pada penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa, orang-orang yang mengkonsumsi minyak zaitun memiliki resiko lebih rendah terkena stroke di kemudian hari.

  1. Menyuburkan Rambut

Minyak zaitun juga dapat membantu problem rambut yang membutuhkan nutrisi untuk melebatkannya.

  1. Baik Untuk Jantung

Manfaat dari kandungan lemak tidak jenuh yang ada di dalam minyak zaitun salah satunya adalah baik untuk kesehatan jantung. Terutama dapat mengendalikan kolestrol jahat yang tentunya sangat berbahaya bagi tubuh.

Masih banyak lagi manfaat yang terkandung dalam minyak zaitun. Bila anda sudah sejak lama memakai minyak buah zaitun ini tentu akan lebih mengetahui khasiat yang di dalamnya. Jadi bagi anda yang belum menggunakan minyak ini, mulailah mencoba dari sekarang untuk menggunakannya dan merasakan beribu manfaat dari minyak zaitun.

Jadi bagi anda yang belum menggunakan minyak ini, mulailah mencoba dari sekarang untuk menggunakannya dan merasakan beribu manfaat dari minyak zaitun. Semoga tips di atas bermanfaat bagi kesehatan Anda..

(Marthika)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *