Manfaat Kopi Untuk Kecantikan

By | July 11, 2016

Manfaat-kopi-untuk-kecantikan

Sebagian orang beranggapan bahwa kopi mengandung jumlah kafein yang tinggi sehingga kurang baik untuk kesehatan. Namun ternyata kopi mengandung banyak manfaat dan salah satunya bisa digunakan untuk merawat kecantikan kulit tubuh. Kopi mengandung antioksidan yang bermanfaat melawan radikal bebas yang bisa mempengaruhi kesehatan kulit seperti kanker, jerawat dan penuaan dini. Banyak produsen kosmetika yang sudah mengetahui manfaat kopi untuk perawatan kulit, sehingga banyak dijumpai produk kosmetik yang mengandung ekstrak kopi didalamnya. Sebetulnya, Anda juga bisa membuat masker kopi sendiri dengan bahan-bahan yang sudah pasti ada didapur Anda.

Berikut tips mengolah kopi untuk perawatan kulit kita

Sebagai Scrub kulit wajah

Kopi bisa dipakai untuk scrub kulit wajah agar kulit mati terangkat. Caranya adalah dengan mencampur bubuk kopi dengan minyak zaitun, kemudian gosokkan lembut di kulit wajah dan leher yang sudah dibersihkan. Bilas dengan air hangat.

Campuran kopi dan minyak zaitun ini bisa juga dioleskan dibagian kulit yang lain seperti tangan dan kaki agar warna kulit lebih cerah dan sehat.

Pelembut wajah dan mengurangi kelebihan minyak

Selain sebagai scrub untuk mengangkat sel kulit mati, kopi bisa juga digunakan sebagai pelembut wajah, yaitu dengan mencampurnya dengan madu. Oleskan campuran kopi dan madu ini pada kulit muka, diamkan kurang lebih 15 menit. Bilas dengan air hangat. Lakukan secara rutin agar mendapat kulit muka yang lembut, kenyal dan bebas kelebihan minyak.

Menghilangkan Selulit

Kopi juga terbukti bisa membantu mengatasi selulit. Untuk membuat scrub ini caranya adalah mencampurkan bubuk kopi dengan sedikit air hangat dan minyak zaitun, oleskan dibagian berselulit sambil dipijat dalam gerakan memutar selama beberapa menit terutama pada bagian yang banyak terdapat selulit. Scrub kopi ditambah pemijatan ini bisa membantu meningkatkan sirkulasi dan sistem peredaran darah menjadi lancar.

Menghilangkan tanda hitam dibawah mata

Jika mata Anda lelah atau kurang tidur biasanya akan muncul tanda hitam dibawah mata yang cukup mengganggu penampilan. Cara menghilangkannya adalah mencampurkan bubuk kopi dengan sedikit susu segar tanpa gula. Oleskan dibawah mata, diamkan kurang lebih 30 menit kemudian bilas dengan air hangat.

Menyuburkan rambut

Manfaat kopi untuk menyuburkan rambut ternyata sudah terbukti secara ilmiah. Beberapa ilmuwan diluar negeri menemukan bukti bahwa kafein dalam kopi mampu menstimulasi pertumbuhan rambut manusia yaitu dengan menghambat produksi DHT (Dihidrotestoteron) yang menyebabkan malnutrisi dan penipisan pada rambut. Folikel rambut yang dirawat dengan kopi menunjukkan pertumbuhan yang tinggi dalam waktu 24 jam dan akan terus tumbuh subur.

Caranya adalah dengan mencampur bubuk kopi dengan sedikit air hangat sehingga menjadi campuran yang kental. Balurkan pada rambut dan kulit kepala secara merata sambil dipijat perlahan. Diamkan sebentar kemudian keramas dan bilas hingga bersih. Selain menyuburkan rambut, campuran ini juga bisa menghitamkan rambut dan membuatnya berkilau.

Demikian manfaat kopi untuk kecantikan, semoga bisa bermanfaat.

(Marthika)

Gambar : Image courtesy of Kibsri at FreeDigitalPhotos.net
 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *