Manfaat Ketimun Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

By | July 31, 2016

manfaat-timun

 

Ketimun atau mentimun merupakan salah satu buah yang sudah tidak asing bagi semua lapisan masyarakat. Ketimun adalah jenis sayuran yang termasuk ke dalam keluarga labu dan semangka (keluarga Cucurbitaceae). Ketimun juga mudah didapatkan di pasar/tukang sayur dengan harga yang relatif murah, sekaligus dapat dibudidayakan dipekarangan kita sendiri. Tetapi ternyata timun juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan kecantikan anda.

Ketimun sangat akrab dengan pelbagai jenis makanan yang acap kali kita makan sehari-hari. Hampir sebagian besar rumah makan besar, pedagang makanan di pinggir jalan maupun dirumah sendiri selalu ada yang namanya ketimun. Namun tak perlu memiliki rasa bosan terhadap ketimun itu sendiri. Ini dikarenakan, ketimun mengandung berbagai jenis nutrisi yang mampu menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh anda.

Kandungan Gizi Ketimun :

Ketimun terdiri dari 95% air dan secara alami rendah kalori, lemak, kolesterol dan sodium. Menurut USDA National Database Gizi, 1 cangkir irisan mentimun dengan kulitnya (sekitar 119 gram) mengandung :

  • 115 gram air
  • 16 kalori
  • 0,8 gram protein
  • 0,2 gram lemak
  • 2,9 gram karbohidrat (termasuk 0,9 gram serat dan 1,8 gram gula)

Di dalam secangkir ketimun ini juga sudah terdapat kebutuhan harian zat seperti  11% dari vitamin K, 4% vitamin C, magnesium, thiamin, kalium dan mangan juga vitamin A, riboflavin, B-6, folat, asam pantotenat, kalsium, zat besi, fosfor, seng dan tembaga.

Manfaat Ketimun Bagi Kesehatan dan Kecantikan adalah sebagai berikut :

  1. Melindungi Otak

Di dalam ketimun terdapat zat yang bernama flavanol (fisetin), dimana zat ini memiliki manfaat dalam meningkatkan memori pada otak dan melindungi sel-sel saraf, dari penurunan fungsi otak yang berkaitan dengan usia seseorang. Senyawa fisetin ini memberikan perlindungan secara progresif terhadap gangguan Alzheimer.

  1. Antioksidan

Antioksidan yang ada pada Ketimun dapat membantu melawan pertumbuhan sel-sel kanker dan juga menurunkan resiko penyakit kronis termasuk penyakit jantung.

  1. Asupan Air Bagi Tubuh

Di dalam ketimun terdapat 96% kadar air yang lebih justru baik dibanding air biasa. Mengkonsumsi ketimun, dapat terhindar dari dehidrasi dan tentunya membantu menetralkan racun dalam tubuh.

  1. Baik Untuk Jantung

Kandungan dalam jus mentimun berupa kalium juga magnesium dan serat yang sangat baik dikonsumsi bagi penderita darah tinggi maupun darah rendah. Keseimbangan kalium di dalam maupun di luar sel-sel sangat penting bagi tubuh, untuk mengontrol keadaan tekanan darah dalam tubuh.

  1. Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi

Mengunyah mentimun dapat merangsang kelenjar air liur untuk memproduksi lebih banyak air liur dan dapat mengurangi zat asam pada rongga mulut serta bekteri yang tumbuh di dalamnya.

  1. Menjaga Berat Badan

Membuat camilan dengan mengisi satu cangkir mentimun, hanya mengandung 16 kalori. Serat larut dalam mentimun bertekstur layaknya gel dalam usus, yang membantu untuk memperlambat pencernaan.

  1. Mengobati Rematik Dan Asam Urat

Vitamin A, B, Folat, Kalium, dan Magnesium dalam mentimun yang dicampur dengan jus wortel mampu meredakan nyeri astritis dan kadar asam urat dalam tubuh.

  1. Mengurangi Lingkar Mata Yang Hitam

Manfaat ketimun terutama pada kandungan zat silika, dapat membantu proses peremajaan kulit di sekitar mata. Caranya cukup dengan mengompres mata dengan potongan ketimun.

  1. Mengurangi Bintik Hitam

Parutan ketimun yang dibalurkan ke wajah dan leher, dipercaya mampu mengurangi bintik-bintik hitam akibat paparan sinar matahari. Ketimun juga dapat digunakan sebagai tonik alami.

  1. Mencegah Kerutan Di Wajah

Manfaat ketimun memberikan rasa segar alami bagi kulit, karena sifatnya yang mengandung air sehingga baik untuk membersihkan wajah dan melembabkan kulit. Potongan timun cukup di tempelkan pada kulit secara rutin.

Demikianlah manfaat ketimun untuk kesehatan dan kecantikan. Hidup sehat dan cantik itu tidak selalu mahal bukan?

Demikianlah manfaat ketimun untuk kesehatan dan kecantikan. Hidup sehat dan cantik itu tidak selalu mahal bukan?

(Marthika)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *