Manfaat Jengkol Untuk Kesehatan

By | July 24, 2016

manfaat-jengkol

Siapa yang tidak mengenal jengkol. Banyak sekali makanan olahan jengkol di Indonesia, mulai dari semur jengkol, rendang jengkol,  jengkol balado, hingga keripik jengkol. Banyak orang yang tidak suka makan jengkol karena bau yang ditimbulkan setelah makan jengkol, selain urin yang bau jengkol, bau mulut pun mengeluarkan bau yang tak sedap. Makanan yang dikategorikan sebagai makanan kampung ini ternyata banyak manfaatnya untuk kesehatan.

Manfaat jengkol untuk kesehatan tubuh sudah tidak diragukan, namun sayangnya masih banyak yang belum mengetahui khasiat jengkol untuk kesehatan tubuh. Berikut ini adalah manfaat jengkol untuk tubuh.

Pembentukan Jaringan Tubuh

Jengkol memiliki kandungan protein yang tinggi dan dapat membantu pembentukan jaringan dalam tubuh. Kandungan protein pada jengkol pun ternyata lebih tinggi daripada kandungan protein pada kacang hijau dan kacang kedelai.

Mencegah Anemia

Jengkol juga dapat mencegah Anemia/kekurangan darah, karena di dalam jengkol terkandung banyak zat besi. Zat besi berperan dalam mencegah dan mengatasi kurangnya sel-sel darah merah dalam tubuh. Ketika tubuh kekurangan zat besi, produksi sel-sel darah merah akan berkurang. Akibatnya suplai oksigen dan zat-zat makanan yang dibutuhkan oleh seluruh sel dalam tubuh juga akan berkurang.

Untuk para wanita mengkonsumsi jengkol saat menstruasi sangat disarankan, karena saat menstruasi tubuh membutuhkan zat besi. Seseorang yang kurang darah akan terlihat lemas, mudah lelah dan tidak bersemangat. Hal tersebut dikarenakan oleh kurangnya pasokan oksigen dan zat-zat makanan pada sel darah dan menyebabkan turunnya fungsi/kinerja sel.

Memperkuat Tulang Dan Gigi

Jengkol memiliki kandungan kalsium dan fosfor yang sangat dibutuhkan untuk tulang dan gigi. Kedua zat ini dapat mencegah osteoporosis/pengeroposan tulang. Dengan sering mengkonsumsi jengkol dengan porsi yang cukup, tulang kita akan menjadi lebih kuat.

Anti Radikal Bebas

Jengkol memiliki vitamin seperti vitamin A, vitamin B1 dan B2, serta vitamin C. Vitamin A bermanfaat untuk kesehatan mata. Selain itu vitamin A dan vitamin C juga dapat berperan sebagai zat antioksidan untuk menangkal radikal bebas, yang dikenal sebagai penyebab penyakit kanker.

Baik Untuk Jantung Dan Pembuluh Darah

Jengkol merupakan bahan makanan yang bersifat diuretic (memperlancar urin). Pembuangan urin yang lancar, sangat baik untuk para penderita jantung koroner. Jengkol juga dapat melebarkan pembuluh darah, sehingga aliran darah menjadi lancar. Kandungan mineral dalam jengkol dapat mencegah penyempitan pada pembuluh darah.

Merampingkan Perut

Jengkol kaya akan serat, sehingga memperlancar pencernaan dan buang air besar. Karena salah satu penyebab buncitnya perut kita adalah karena buang air besar yang tidak lancar/sembelit.

Mencegah Diabetes

Di dalam buah jengkol terdapat zat-zat yang tidak ditemukan pada bahan-bahan makanan lain. Zat tersebut disebut zat asam jengkolat, dimana zat ini berupa kristal-kristal yang tidak larut oleh air. Asam jengkolat ini yang berguna untuk mencegah diabetes dan mengontrol kadar gula dalam darah.

Selain manfaat di atas, jengkol juga dapat menstabilkan organ-organ penting dalam tubuh dan mencegah kecacatan pada bayi. Namun demikian, bagi Anda penderita sakit gangguan ginjal, sebaiknya tidak mengkonsumsi jengkol karena jengkol mengandung banyak kalium yang dapat mengganggu kinerja ginjal. Mengkonsumsi jengkol pun harus dibatasi, yaiut hanya 3-10 gram per hari. Porsi ini adalah porsi yang ideal untuk kesehatan Anda.

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *