Manfaat Jamur Shiitake Untuk Kesehatan

By | July 30, 2016

jamur-shiitake

 

Anda tentu sudah pernah mendengar jamur shitake. Jamur berbentuk bulat mirip jengkol ini memang makin digemari untuk dikonsumsi di Indonesia. Jamur yang berasal dari Asia Timur ini, sering menghiasi makanan-makanan nusantara  yang sudah dimodifikasi. Selain memberi rasa unik pada hidangan, ternyata jamur ini juga kaya akan nutrisi.

Kandungan gizi di dalam jamur boleh dikatakan cukup tinggi, didalamnya mengandung protein, lemak tidak jenuh, serat, asam amino esensial, mineral, hormon, enzim, vitamin, dan lainnya. Dari hasil penelitian BPPT, hanya Jamur Tiram dan Shitake yang memenuhi syarat kandungan beta-glucan dimana mudah untuk diencerkan kembali. Beta-glucan merupakan salah satu komponen penyusun dinding sel jamur. Komponen lainnya meliputi mannoprotein, chitin, plasma membrane dan glycoprotein. Hal uniknya, efek sinar ultraviolet pada jamur, mengubah ergosterol menjadi vitamin D. Ini menjadikan Shitake varietas kering favorit untuk sumber vitamin D pada menu makanan.

Shitake adalah jamur yang mengagumkan karena manfaatnya yang luas di bidang kesehatan. Selain itu, jamur ini mudah dimasak dan terjamin keamanannya. Penelitian terkini menemukan bahwa ekstrak Shitake mengandung bahan pengatur sistem kekebalan tubuh, zat antibakteri, antivirus dan bahan pencegah penggumpalan darah. Selain itu ada beberapa manfaat yang didapat dari jamur shitake ini.

Menurunkan Kolesterol

Jamur shitake dikenal mengandung serat yang tinggi. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa jamur shitake dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah karena memiliki senyawa anti-kolesterol sehingga dapat membuang LDL atau kolesterol buruk dari dalam tubuh.

Meringankan Penyakit Thrombosis

Jamur shitake memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang tinggi sehingga bisa melawan dan meredakan radang pada kulit dan organ dalam tubuh, tidak terkecuali pembuluh darah. Trombosis adalah kondisi di mana darah menggumpal dan kemudian menghambat aliran darah dan menyebabkan pembengkakan pada pembuluh darah yang tersumbat.  Jamur shitake juga memiliki senyawa lenthionine yang dapat membantu memecah gumpalan darah dan melancarkan peredaran darah.

Memperbaiki Fungsi Imunitas

Mereka yang mengkonsumsi jamur shitake dengan rutin akan mengalami perbaikan fungsi imunitas. Dalam riset Journal of the American College of Nutrition tahun 2015, dikatakan juga jamur shitake akan membantu mencegah seseorang terserang flu 3 kali lebih baik, mencegah infeksi dan membantu meringankan gejala alergi.

Meningkatkan Fungsi Otak

Sejumlah kandungan selenium dalam jamur shitake memang sudah terbukti memiliki manfaat besar dalam menjaga fungsi dan kinerja otak. Selenium akan bekerja menjaga koneksi antar impuls sel otak terjalin dengan baik, menjaga fungsi ingatan dan menjaga fokus setiap saat.

Menjaga Kesehatan Tulang

Untuk menjaga kesehatan tulang, tubuh membutuhkan beberapa elemen, seperti kalsium, fosfor, tembaga dan Vitamin D. Jamur shitake adalah salah satu sumber makanan yang kaya akan vitamin D. Vitamin D juga akan membantu menjaga kemampuan tubuh bereaksi efektif terhadap sinyal insulin, membantu mencegah terjadinya kerusakan pada sendi dan jaringan ligamen yang memicu terjadinya reumatik dan asam urat.

Itulah Manfaat dari jamur shitake ini. Bahkan jika Anda tidak sedang sakit apa pun, makan jamur shitake akan memperkuat sistem imun tubuh Anda, sehingga tubuh menjadi lebih kebal dari serangan penyakit. Jadi, jika Anda sedang bingung mau masak apa untuk makan malam nanti, Anda bisa belanja jamur shitake dan membuat sup yang lezat.

(Marthika)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *