Manfaat Jambu Air Untuk Ibu Hamil

By | July 31, 2016

Jambu-Air

 

Jambu air adalah salah satu jenis buah-buahan yang banyak digemari karena bukan hanya rasanya yang enak namun juga mengandung banyak air yang dapat menghilangkan rasa dahaga. Jambu air sendiri merupakan tumbuhan asli dari Asia Tenggara dan memang satu golongan dengan jambu-jambuan. Secara umum, jambu air bukan hanya baik untuk kesehatan melainkan juga baik bagi ibu hamil.

Pada saat kondisi hamil, seorang calon ibu membutuhkan vitamin, nutrisi dan mineral yang lebih daripada sebelum hamil. Kandungan dalam jambu air, selain terdapat protein, serat dan karbohodrat, juga terdapat berbagai macam vitamin, mineral maupun senyawa. Vitamin yang terkandung dalam jambu air adalah vitamin C dan vitamin A. Mineral dalam buah ini diantaranya yaitu kalsium, zat besi, potasium, magnesium, copper, zinc, fosfor, asam sitrat. Senyawa lain yang terkandung pada jambu air diantaranya niacin, thiamin dan riboflavin yang sangat diperlukan oleh ibu hamil.

Mengkonsumsi 1 kg jambu air yang memiliki asupan sekitar 3.000- 4.000 Si di setiap harinya dapat memenuhi kebutuhan asupan vitamin A yaitu sebesar 3.500 Si. Manfaat buah jambu air bagi ibu hamil diantaranya, yaitu:

  • Kandungan air di dalam buah jambu air ini memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil karena, apabila mengonsumsi 1 kg buah jambu air memiliki sekitar 3.000- 4.000 Si per harinya dan dapat memenuhi kebutuhan asupan vitamin Ayaitu sebesar 3.500 Si
  • Kandungan vitamin C dan A dalam buah jambu air juga bermanfaat untuk mengurangi rasa haus sehingga mengurangi dehidrasi pada ibu hami.
  • Jambu air juga dapat memperlancar pencernaan dan mengurangi sembelit yang biasanya dialami oleh ibu hamil serta memperlancar buang air besar.
  • Kandungan buah jambu air dapat memaksimalkan sistem kerja sel darah putih pada ibu hamil sehingga baik untuk sang janin dan ibu.
  • Buah jambu air sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil karena dapat meningkatkan dan merangsang kecerdasan otak pada janin.
  • Buah jambu air juga berperan penting untuk meningkatkan sistem imun karena mengandung vitamin A yang dapat meningkatkan fungsi sel darah putih yang berperan sebagai antibodi dan antivirus.
  • Selain itu vitamin A dalam buah jambu air bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata ibu hamil
  • Manfaat jambu air juga meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah sakit.
  • Membantu dalam memperlancar peredaran darah dalam tubuh, menjaga kesehatan sel-sel tubuh, serta membantu penyerapan zat besi.
  • Untuk memelihara pembuluh kapiler, menjaga kesehatan gusi dan gigi, serta mencegah komplikasi kardiovaskular.
  • Menangkal radikal bebas dan juga dapat merusak pembungkus sperma karena jambu air mengandung vitamin C yang berguna untuk menjaga kesehatan kulit.
  • Membantu dalam merangsang dan memperlancar buang air kecil karena buah ini kaya serat.

Di atas adalah segudang manfaat buah jambu air untuk ibu hamil yang belum banyak diketahui, ibu hamil memerlukan banyak nutrisi untuk janinnya dan perlu mengkonsumsi jambu air ini karena yang sifatnya alami dan tidak memiliki efek samping.

(Marthika)

Gambar : Image courtesy of wikipedia.org

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *