Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan

By | July 30, 2016

manfaat-buah-alpukat

 

Siapa yang tidak kenal buah yang satu ini. Selain sering dinikmati untuk jus dan bahan es buah, apukat juga sering dipakai untuk topping sushi. Rasanya yang enak, lembut dan cocok disajikan dalam segala bentuk hidangan membuat alpukat selalu nikmat untuk di santap. Bagi para ibu, alpukat seringkali menjadi salah satu buah yang dapat disajikan untuk si kecil. Namun, dibalik rasanya yang begitu enak, buah ini mengandung berbagai nutrisi penting yang baik untuk kesehatan tubuh. Sehingga, tidaklah dapat dipungkiri bahwa sangat banyak manfaat yang dapat dirasakan dari buah alpukat ini.

Sumber serat yang cukup tinggi merupakan salah satu daya tarik untuk menghindangkannya dalam menu makanan harian anda. Dengan mencukupi kebutuhan serat dalam tubuh, maka sistem pencernaan kita akan lebih sehat, sekaligus menghindarkan dari berbagai gangguan pencernaan seperti susah buang air besar. Alpukat memiliki kandungan yang begitu luar biasa bagi kesehatan tubuh anda. Berikut ini adalah manfaat dari buah alpukat untuk kesehatan tubuh kita.

Manfaat Alpukat untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Alpukat adalah salah satu buah yang sangat dianjurkan untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan jantung Anda. Ini dikarenakan, buah alpukat mengandung sumber asam oleat tak jenuh tunggal, folat, kalium, vitamin E, pitosterol serta berbagai sumber serat penting. Semua nutrisi tersebut berperan besar terhadap kesehatan jantung.

Manfaat Alpukat sebagai Anti Inflamasi

Selain memiliki manfaat yang cukup baik untuk kesehatan jantung, alpukat juga dipercaya memiliki kandungan zat yang penting perannya sebagai anti-inflamasi pada tubuh. Menurut Laura flores, ahli gizi dari San Diego, alpukat ini memiliki kandungan zat asam lemak omega-3 serta zat antioksidan. Zat-zat ini membantu daya tahan tubuh seseorang menjadi lebih sehat serta agar dapat terhindar dari peradangan.

Manfaat Alpukat untuk Mengontrol Kadar Gula Darah

Di era modern seperti ini, kebiasaan makan yang buruk dengan mudah mempengaruhi kesehatan tubuh. Rutin mengonsumsi alpukat dapat menjaga kadar gula darah dalam tubuh. Banyaknya lemak sehat pada alpukat dapat membantu produksi hormon insulin. Hormon inilah yang bisa menjaga kadar gula darah dalam tubuh tetap normal.

Manfaat Alpukat untuk Menjaga Kesehatan Mata

Keistimewaan lain dari buah ini terletak pada kandungan lutein. Zat ini adalah penyusun vitamin A yang tak lain memilki fungsi menjaga kesehatan mata, yang akan melindungi kita dari degenerasi makula dan pembentukan katarak.

Manfaat Alpukat untuk Menurunkan Kolesterol

Sebuah studi telah menemukan penurunan kadar kolesterol pada peserta yang makan alpukat selama satu minggu hingga 17%,. Para peneliti percaya bahwa hal ini disebabkan oleh beta sitosterol,  yang sebelumnya telah ditemukan membantu menurunkan kadar kolesterol.

Manfaat Alpukat untuk Mencegah Stroke

Kandungan folat yang tinggi dalam alpukat juga bermanfaat untuk mengurangi resiko stroke. Orang yang mengkonsumsi makanan yang mengandung folat tinggi, terbukti lebih sedikit yang terkena serangan stroke, dari pada orang yang sedikit mengkonsumsi makanan yang mengandung folat.

Manfaat Alpukat untuk Mencegah Diabetes

Alpukat bermanfaat Luar Biasa Untuk Mencegah Diabetes. Hal ini dikarenakan, kandungan lemak tak jenuh tunggal dan kalium dalam buah alpukat dapat meningkatkan fungsi kerja dari hormon insulin dan menetralkan kadar gula dalam darah.

Itulah manfaat buah alpukat untuk kesehatan tubuh kita. Alpukat berukuran sedang atau yang memiliki berat 30 gram mengandung kalori sebanyak 50 kalori. Sekali memakan alpukat dengan berat tersebut, tubuh akan menerima karbohidrat sebanyak 3 gram dan lemak sehat sebanyak 4,5 gram. Mari kita mengkonsumsi alpukat dan jangan takut dengan mitos-mitos tentang alpukat yang merugikan kesehatan.

Semoga atikel kesehatan di atas bermanfaat untuk Anda dan keluarga..

(Marthika)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *