Langkah Membuat Menabung Lebih Mudah

By | July 17, 2016

tips-menabung

Menerima gaji di awal atau di akhir bulan merupakan hal yang selalu dinanti-nantikan oleh semua orang. Yang ada di benaknya yaitu belanja, membeli ponsel baru, menikmati kuliner, jalan-jalan ke luar kota dan sebagainya. Tapi, apakah Anda terpikirkan untuk menabung? Menabung sangat penting karena ini merupakan bentuk investasi. Dengan menabung Anda memiliki dana untuk kebutuhan tak terduga. Menabung memang tidak mudah jika tidak diniati dengan tekad yang bulat sebab Anda harus menunda sesuatu yang kelihatannya lebih menyenangkan.

Agar Anda giat menabung, berikut ini ada tips yang bisa Anda terapkan sehingga membuat menabung lebih mudah.

Tulis Impian dan Rencana Jangka Panjang

Anda perlu memiliki sebuah impian supaya membuat lebih semangat menabung. Tuliskan apa yang menjadi impian Anda di selembar kertas. Apapun impian Anda, jadikan itu sebagai motivasi agar lebih giat menabung. Tentu saja setiap orang memiliki impian yang berbeda. Misalnya impian memiliki rumah sendiri, menyekolahkan anak sampai ke universitas unggulan atau berlibur ke luar negeri. Saat kita mulai malas untuk menabung, ambil selembar kertas yang berisi tentang impian-impian kita. Ini akan menjadi motivasi kuat dalam mengembalikan semangat menabung.

Tentukan presentase menabung

Pola pikir menabung diambil dari uang yang tersisa di akhir bulan itu salah. Anda harus menentukan jumlah uang yang akan ditabung sebelum Anda gunakan untuk membayar semua tagihan dan biaya hidup. Aturlah presentase uang tabungan sesuai dengan penghasilan dan kebutuhan Anda. Tetap tempatkan menabung pada prioritas utama. Anda bisa mulai dengan menabung 10% dari uang penghasilan. Anda bisa meningkatkan jumlah ini setelah beberapa tahun.

Buka rekening tabungan terpisah

Jangan campur rekening tabungan dengan rekening yang kita gunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Hal ini tidak akan efektif. Dengan memiliki rekening terpisah, hal ini akan mencegah kita menggunakan uang tambahan untuk kebutuhan sehari-hari. Biasanya, orang tidak bisa mengontrol pengeluaran ketika rekening tabungannya tidak dipisah. Uang tabungan terkadang akan ikut terpakai untuk membiayai kebutuhan sehari-hari.

Atur transfer otomatis

Anda bisa mengatur transfer otomatis dari rekening gaji ke rekening tabungan. Hal ini akan menghindarkan Anda dari malas menabung karena otomatis setiap Anda gajian, uang akan ditransfer ke rekening tabungan.

Jangan bawa kartu ATM saat bepergian

Jangan bawa kartu ATM dari rekening tabungan kita. Yang perlu Anda bawa hanyalah kartu ATM dari rekening gaji karena tujuannya memang untuk biaya hidup. Dengan meninggalkan kartu ATM rekening tabungan di rumah, Anda akan terhindar dari godaan belanja menggunakan uang tersebut.

Demikianlah langkah-langkah yang bisa Anda tempuh untuk membuat menabung lebih mudah. Dengan menabung sedikit demi sedikit, lama kelamaan akan menjadi jumlah yang besar. Memiliki investasi membuat hidup lebih nyaman dan tenang. Kita tak perlu khwatir lagi tentang biaya hal tak terduga. Selain itu, kita bisa meraih impian besar dengan menabung.

(Ika Pratiwi)

Gambar : Image courtesy of Mr GC at FreeDigitalPhotos.net

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *