Gejala Kolesterol Tinggi

By | July 10, 2016

Gejala-Kolesterol-Tinggi

Penderita kolesterol tinggi sangat rentan terhadap penyakit jantung dan stroke karena terjadi penyumbatan pada pembuluh darah arteri yang memaksa jantung bekerja ekstra untuk memompa darah ke seluruh jaringan tubuh. Meskipun demikian, kolesterol LDL (yang jenisnya jahat) dapat diturunkan jumlahnya sehingga tidak melebihi angka kolesterol HDL (yang jenisnya baik).

Berlebihnya kadar kolesterol di dalam darah (Hiperkolesterolemia) dapat berdampak buruk pada kesehatan Anda. Sayangnya, ketika kadar kolesterol dalam darah sudah melebihi batas normal yaitu antara 160 – 200 mg, kita bisa tidak merasakan gejala apapun walaupun sebenarnya ada. Untuk mengetahuinya, kita bisa melakukan tes darah dan bisa dilihat dari gaya hidup dan riwayat kesehatan keluarga.

Walaupun gejalanya bisa tidak kita rasakan, namun ada beberapa indikator tubuh yang perlu diwaspadai sebagai tanda kolesterol kita meningkat tajam, antara lain:

Nyeri pada kaki

Klaudikasio atau nyeri pada bagian kaki atau timbul rasa tidak nyaman pada bagian kaki, merupakan gejala umum dari kolesterol tinggi. Rasa sakit ini bisa menyebar di sekujur kaki seperti betis, paha dan bahkan ke bokong. Hal ini karena tersumbatnya arteri sehingga aliran darah menjadi terhambat.

Rasa berat di tengkuk dan pegal di pundak

Jika anda merasa berat di tengkuk dan pegal di pundak setelah makan makanan berlemak, hal ini patut diwaspadai. Hal ini terjadi karena suplai darah dan oksigen terhambat akibat penyempitan atau penumpukan plak di pembuluh darah.

Jantung terasa sakit atau mengalami Palpitasi

Kolesterol yang berlebihan akan menghambat sirkulasi darah karen pembuluh darah menyempit. Hal ini mengakibatkan jantung bekerja keras memompa darah agar dapat mengalir normal. Efek samping yang dirasakan adalah rasa sakit di jantung dan merasa berdebar – debar seperti orang gugup atau panik.

Kram di malam ini

Ketika tidur, orang – orang dengan kolesterol tinggi mungkin merasakan kram di bagian tumit, jemari kaki atau kaki bagian bawah. Untuk menghilangkannya, Anda perlu mengangkat kaki ketika tidur selama beberapa menit hingga kram hilang secara perlahan.

Proses pemulihan luka yang lamban

Gejala kolesterol yang satu ini berkaitan dengan ciri – ciri penderita Diabetes, luka terutama dibagian kaki akan lama sembuhnya. Penurunan sirkuasi menjadi penyebab luka menjadi lama sembuh.

Lesu dan migrain, perut kembung

Pemicunya adalah terganggunya proses metabolisme lemak dan berdampak pada sistem pencernaan. Makanan yang dikonsumsi tidak berhasil dicerna dengan baik sehingga menumpuk pada saluran pencernaan. Rasa kenyang yang timbul akan mengirim sinyal ke otak untuk tidak menambah asupan makanan lagi sehingga muncul lesu dan bahkan migrain karena sebetulnya tubuh dalam keadaan kekurangan energi. Juga karena sistem pencernaan kurang baik, maka saluran cerna akan menyimpan kelebihan gas yang terhambat pada saluran usus yang menyebabkan perut kembung.

Kesemutan, kuku menebal

Kesemutan dan kuku yang menebal bisa terjadi karena aliran darah menggumpal dan tidak lancar. Bila sudah parah bisa terjadi mati rasa dibeberapa jari tangan.

Menurut para ahli, kadar kolesterol dapat diturunkan tanpa menggunakan obat – obatan, yaitu dengan menerapkan pola hidup sehat. Untuk melihat tips dan cara menurunkan kolesterol silahkan dibaca di artikel berikut ini. Tips dan Cara Menurunkan Kolesterol.

(Marthika)

Gambar : Image courtesy of Stuart Miles at FreeDigitalPhotos.net
 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *