Fakta Manfaat Infused Water Untuk Kesehatan

By | July 24, 2016

infused water

Pola hidup sehat akhir-akhir ini selalu menjadi topik hangat bagi kalangan urban yang mulai sadar akan pentingnya menjaga kesehatan tubuh. Ditengah mahalnya obat-obatan, membuat orang beramai-ramai mencari cara untuk mencegah sakit-penakit hinggap pada tubuh mereka. Infused Water, kini menjadi tren terutama di kalangan profesional untuk menjaga kesehatan tubuh. Anda mungkin sering melihat para profesional membawa botol minuman berisi air mineral yang dicampur dengan buah-buahan, seperti lemon, strawberry, dsb. Namun benarkah infused water bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh?

Minuman yang berupa air mineral yang dicampur dengan potongan buah-buahan ini diklaim memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita, namun klaim tersebut belum tentu benar adanya. Perlu pembuktian medis secara menyeluruh akan kebenaran klaim-klaim tersebut. Berikut ini klaim-klaim manfaat infused water dan faktanya.

Solusi Detox dan Memperlancar Metabolisme

Infused water dipercaya mampu menghilangkan racun yang menumpuk di tubuh. Namun tak ada kebenaran tentang adanya racun yang bisa menumpuk di dalam tubuh kita, karena apabila benar demikian maka badan kita akan sakit.

Anti Penuaan Dini

Buah-buahan yang memiliki antioksidan tinggi yang dicampurkan ke dalam air mineral dipercaya akan menjadi media ampuh dalam melawan resiko penuaan dini. Biasanya buah-buahan seperti delima dan stroberi dijadikan bahan untuk campuran dalam membuat infused water karena kedua buah-buahan tersebut kaya antioksidan. Namun demikian dengan mengkonsumsinya secara langsung atau mengolahnya menjadi jus, tentu akan jauh lebih bermanfaat. Karena kandungan vitamin dan nutrisi lain pada buah delima dan stoberi, baik yang ada pada buah dan kulit (stroberi)/biji (delima), tidak akan hilang ketika dijadikan jus.

Menurunkan Berat Badan

Mengkonsumsi infused water diklaim mampu menurunkan berat badan. Tetapi belum ada penelitian ilmiah yang membuktikan klaim tersebut. Berat badan manusia yang ideal tentu dapat diraih dengan cara menjaga pola hidup sehat dengan menu makanan seimbang dan berolah raga secara teratur.

Walaupun belum terbukti secara ilmiah menyangkut manfaat infused water, bukan berarti minuman ini tidak bermanfaat sama sekali bagi kesehatan kita. Bagi orang yang kurang minum air putih, infused water dapat dipilih sebagai sarana memenuhi kebutuhan harian cairan tubuh manusia. Mungkin air putih/mineral akan terasa membosankan dan membuat kembung bagi mereka yang kurang konsumsi air putih. Air putih dibandingkan dengan kopi/teh atau minuman bersoda mungkin tidak menarik bagi mereka yang kurang suka minum air. Padahal dengan mengkonsumsi kopi/teh, kadar kafein di dalamnya justru semakin mengurangi cairan tubuh. Belum lagi kandungan gula pada kopi/teh dan minuman soda yang tinggi dapat merugikan kesehatan kita.

Manfaat infused water untuk kesehatan sejauh ini adalah membantu memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh manusia. Minuman ini menjadi alternatif bagi mereka yang kurang suka minum air putih. Dengan infused water 2 liter per hari, ditambah variasi potongan buah-buahan yang dapat Anda pilih sendiri sesuai selera, tanpa terasa Anda sudah memenuhi kebutuhan cairan Anda dalam satu hari.

(Marthika)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *