Ciri serta Tips Mencegah Diabetes untuk Kesehatan

By | July 10, 2016

mencegah-diabetes

Penyakit Diabetes merupakan penyakit yang diakibatkan oleh kelebihan kadar gula dalam tubuh sebagai akibat dari kemampuan organ tubuh pankreas yang tidak dapat atau kurang mampu dalam memproduksi insulin dalam mengatur metabolisme karbohidrat serta tingkat kadar gula darah dalam tubuh.  Biasanya seseorang dapat menderita diabetes disebabkan oleh pola hidup kurang sehat yang dianut sejak lama, sehingga fungsi metabolisme di dalam tubuh nya mengalami kendala sebagai akibat dari asupan makanan yang tidak seimbang (kelebihan makan makanan berlemak atau tinggi protein). Ciri seseorang yang terkena diabetes dapat dikenali dari gejala berikut, yaitu : Penglihatan yang kabur , Haus yang berlebihan, Sering buang air kecil , Penurunan berat badan, Kelelahan (Mudah merasa letih), Peningkatan rasa lapar, Proses penyembuhan yang lambat ketika terluka.

Data pada tahun 2013 menunjukkan bahwa terdapat 382 juta orang di seluruh dunia yang menderita diabetes, dengan perbandingan 10 % penderita diabetes tipe 1 dan 90 % lainnya penderita diabetes tipe 2. Sedangkan di Indonesia pada tahun 2013 yang menderita diabetes ada 8,5 juta orang dengan rentang usia di antara 20 sampai dengan 79 tahun, dan ada kurang dari 50 persen dari mereka yang manyadarinya.

Ada dua jenis diabetes yang kita kenal yaitu Diabetes tipe 1 dan Diabetes tipe 2.

Diabetes Tipe 1

Diabetes tipe 1 merupakan penyakit diabetes yang disebabkan ketidakmampuan pankreas dalam memproduksi hormon insulin sehingga tubuh mengalami kelebihan gula dalam darah. Pada diabetes tipe 1 ini sistem imun tubuh menganggap sel-sel yang memproduksi hormon insulin sebagai zat asing sehingga akan dimusnahkan oleh sistem imun dalam tubuh. Pencegahan dan pengobatan terhadap penderita diabetes tipe 1 belum ada sehingga penderita diharuskan untuk menjaga kadar gula darah dalam tubuhnya agar tetap normal. Caranya adalah dengan mengatur pola hidup sehat serta penyuntikan hormon insulin ke dalam tubuh.  Menurut data tahun 2013, sepuluh persen dari penderita diabetes diseluruh dunia adalah penderita diabetes tipe 1.

Diabetes tipe 2

Diabetes tipe 2 (diabetes melitus) ini merupakan penyakit yang disebabkan oleh tidak cukupnya hormon insulin yang diproduksi pankreas sehingga tubuh mengalami kelebihan kadar gula dalam darah. Jenis diabetes tipe 2 ini merupakan jenis diabetes yang paling umum terjadi. Berbagai faktor yang dapat menyebabkan terjadinya diabetes tipe 2 yaitu : kegemukan, kebanyakan makanan-makanan berlemak, obesitas, Kurang aktif bergerak, faktor usia, faktor turunan, faktor ras. Di Indonesia sendiri penderita diabetes tipe 2 ada sekitar 80% dari seluruh penderita diabetes serta biasanya diderita oleh orang-orang dengan usia di atas 40 tahun. Meskipun saat ini belum ada obat yang dapat menyembuhkan diabetes tipe 2 ini namun pencegahan untuk mengontrol kadar gula sangat dibutuhkan untuk menghindari kerusakan lebih lanjut dalam tubuh. Pengobatan yang dilakukan dengan cara pengobatan secara progressif melalui obat-obatan, menurunkan berat badan, operasi (hanya jika dibutuhkan) serta pengobatan alami.
Sedangkan untuk mencegah terjangkitnya penyakit diabetes dipe 2 adalah dengan menjalani pola hidup sehat (pola makan, pola aktifitas, pola pikir dan pola istirahat).

Berikut ini merupakan tips pola hidup sehat untuk mencegah penyakit diabetes tipe 2:

Biasakan mengkonsumsi makan makanan yang menyehatkan.

Makanan menyehatkan yang dapat mencegah serta mengurangi dampak penyakit diabetes seperti seperti :
* Kacang polong
* Sayur-sayuran berdaun hijau gelap
* Buah Sitrus
* Uji jalar
* Buah Berry
* Tomat
* Ikan yang kaya omega 3
* biji-bijian
* Kacang-kacangan
* Susu bebas lemak dan yogurt

Jaga kebugaran tubuh dengan Olahraga minimal 30 menit setiap hari

Olahraga yang dapat dilakukan seperti :
* Aerobik
* Lari
* Berenang
* Bersepeda
* Jalan cepat

Tidur lebih cepat agar tetap sehat

* Orang-orang yang tidur larut malam akan lebih mudah untuk terkena diabetes
Para ahli menyarankan agar tidak makan malam setelah jam 8 malam dan hindari terpapar cahaya (lampu ruangan) ketika tidur malam, karena dapat berdampak negatif terhadap metabolisme.

Pintar-pintar membedakan makanan atau munuman sehat dan makanan atau minuman yang tidak sehat

* Hindari makanan atau minuman yang mengandung banyak kandungan gula seperti softdrink dan minuman tidak sehat lainnya.

Perlu Anda ketahui bahwa sekaleng coca cola (softdrink) dapat mengandung 9 1/3 sendok teh gula.

Cari hobi yang dapat menyenangkan Anda serta menghindarkan Anda dari stres

* Cari teman untuk berbagi atau mengobrol
* Kembangkan hobi Anda
* Memelihara binatang kesayangan
* Membaca buku yang bagus yang memberi Anda spirit
* Terlibat dengan hal-hal yang berbau kesenian juga dapat meningkatkan kesenangan serta mengurangi stres

Konsumsi gula hanya pada acara yang spesial

* Kurangi konsumsi makanan makanan yang mengandung gula dengan memakan makanan favorit Anda seperti kue, cokelat dan makanan manis lainnya hanya pada even atau kejadian spesial saja.

Tanamkan pikiran bahwa hidup Anda akan lebih indah dengan lebih sedikit mengonsumsi gula

Demikian ciri serta tips mencegah diabetes bagi kesehatan. Semoga informasi ini dapat berguna bagi Anda agar dapat terhindar dari berbagai macam penyakit terutama penyakit Diabetes tipe 2 ini yang banyak diderita penduduk dunia dengan cara yang mudah dan menyenangkan dengan tetap mengikuti pola hidup sehat.

Gambar : Image courtesy of Stuart Miles at FreeDigitalPhotos.net

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *