Cara Sederhana Untuk Memulai Gaya Hidup Sehat

By | July 24, 2016

gaya-hidup-sehat

Hidup sehat saat ini sudah menjadi tuntutan setiap orang. Ditengah maraknya makanan yang serba instan dan cepat saji, kita sering dihantui dengan resiko  yang ditimbulkan  apabila kita sering mengkonsumsi makanan-makanan tersebut. Mahalnya biaya pengobatan dan harga obat, memicu orang untuk merubah gaya hidupnya menjadi lebih sehat. Namun belum banyak orang yang benar-benar paham cara untuk memulai gaya hidup sehat. Berikut ini adalah cara sederhana untuk memulai gaya hidup sehat.

Minum Banyak Air Putih

Tubuh manusia terdiri atas 70% air, oleh sebab itu kebutuhan manusia akan air sangat besar. Manusia membutuhkan setidaknya 2 liter air dalam sehari atau minimal 8 gelas air putih per harinya. Bagi yang kurang suka minum air putih bisa memakai cara dengan meminum air putih 1 gelas saat bangun pagi, 1 gelas sebelum beraktifitas, 1 gelas sebelum makan (sarapan, makan siang dan malam), 1 gelas saat pulang kerja, 1 gelas saat tiba di rumah, dan 1 gelas saat mau tidur malam. Anda bisa juga membuat Infused water, baca juga Fakta Manfaat Infused Water Bagi Kesehatan, untuk variasi dalam memenuhi kebutuhan air dalam tubuh kita.

Makan Buah-Buahan Segar

Untuk menjaga kesehatan dengan makan buah-buahan, mungkin sudah terdengar biasa. Namun tahukah Anda kapan waktu terbaik untuk makan buah? Waktu terbaik untuk mengkonsumsi buah-buahan adalah di antara waktu makan atau sebelum makan, karena makan buah setelah makan energi yang ada pada buah hanya akan disimpan tubuh tetapi tidak digunakan. Buah-buahan pun harusyang segar, bukan buah kalengan atau manisan buah.

Cukupi Asupan Protein

Beberapa sumber protein yang sangat baik meliputi ikan, kacang-kacangan, dan daging. Tubuh kita memerlukan protein untuk pertumbuhan dan mengganti sel-sel yang rusak.

Olah Raga Secara Teratur

Tidak dapat dipungkiri, apabila kita berbicara tentang gaya hidup sehat pasti kita akan berbicara tentang olah raga. Pilih olah raga yang Anda suka, karena apabila Anda suka dan senang melakukannya Anda pasti akan rutin melakukannya. Berolah raga sebaiknya dilakukan 3-5 kali dalam seminggu dengan durasi setidaknya 30 menit.

Masukan Sayuran Mentah Ke Dalam Makanan Harian

Menurut ahli gizi semakin gelap warna sayuran maka kandungan gizinya semakin baik. Fokus kepada sayuran hijau tua, oranye tua atau ungu tua dan warna gelap lainnya untuk dicampurkan dalam menu makanan Anda setiap hari.

Makan Makanan Kecil Diantara Waktu Makan

Makan makanan kecil setiap dua sampai tiga jamdalam porsi kecilamat dianjurkan, daripada langsung memakannya dalam porsi besar. Hal ini akan membantu tubuh untuk meningkatkan metabolisme natural dan sangat penting untuk mengendalikan berat badan. Tentu saja makanan kecil dimaksud adalah snack yang sehat.

Memilih Menu Makanan

Pola hidup sehat tidak lepas dari mengatur menu makanan. Makan makanan berserat tinggi untuk memperlancar pencernaan, mengkonsumsi kacang-kacangan sebagai sumber asam lemak omega 3 yang baik untuk tubuh dan baik untuk menurunkan kadar kolesterol adalah salah satu caranya.

Untuk menjaga pola hidup yang sehat ada beberapa hal yang harus dihindari antara lain minum-minuman beralkohol, minum-minuman berkadar gula tinggi, makan makanan yang berlemak dan gorengan, makanan instan, dll. Hal ini dikarenakan tubuh akan mengubah/memecah makanan tersebut menjadi gula.

(Marthika)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *