Cara Mudah Merawat AC Rumah

By | July 16, 2016

tips-merawat-ac-rumah

Pemakaian AC di rumah tangga kini merupakan hal yang lumrah terutama di daerah-daerah yang udaranya panas, seperti di kota-kota di pesisir pantai. Namun apabila AC tidak dirawat dengan benar, banyak masalah yang akan timbul di kemudian hari seperti masalah kesehatan dan berkurangnya umur AC itu sendiri. Berikut ini cara mudah merawat AC rumah yang dapat anda lakukan sendiri.

Membersihkan Saringan Udara

Dalam merawat AC rumah, hal terpenting yang Anda harus lakukan adalah dengan membersihkan saringan/filter udara setiap minggu. Hal ini tentu dapat Anda lakukan sendiri tanpa harus memanggil tukang AC. Cukup dengan membuka cover depan AC, Anda akan menemukan letak filter tersebut. Lepaskan filter AC dan cuci menggunakan air dan sabun. Filter yang kotor dapat menyebabkan angin yang dihembuskan menjadi tidak optimal dan terkadang mengeluarkan bau yang tak sedap karena tercampur dengan air AC.

Menyalakan AC Seperlunya

Cara mudah merawat AC rumah berikutnya adalah dengan menyalakan AC apabila diperlukan. Terutama di pagi hari, biarkan udara segar alami yang masuk ke rumah/kamar Anda. Selain dapat menghemat pemakaian listrik, usia pemakaian AC juga menjadi lebih panjang.

Servis AC Anda Secara Berkala

Memiliki AC tentu tak lepas dari yang namanya perawatan berkala/servis. Kini ada banyak jasa servis AC panggilan di semua kota di Indonesia. Namun Anda juga harus berhati-hati mempercayakan tukang AC panggilan ini, salah-salah barang-barang berharga Anda raib digasak mereka. Servis berkala ini bertujuan untuk membersihkan seluruh komponen AC Anda baik unit luar rumah, maupun unit ang ada di dalam rumah dari debu dan kotoran. Semakin berdebu udara di tempat Anda tinggal, semakin sering Anda harus menservis AC anda.

Gunakan Mode Otomatis Saat Tidur

Cara mudah merawat AC lainnya adalah dengan menyalakan mode otomatis saat tidur malam. Mode ini akan menjaga suhu ruangan tetap stabil. Contoh, apabila AC diatur pada suhu 20° C, maka jika suhu ruangan Anda sudah mencapai suhu tersebut AC akan secara otomatis berhenti bekerja. Apabila suhu ruangan naik, AC akan menyala kembali untuk mendapatan suhu ruangan yang sudah diatur sebelumnya.

Menjaga Kebersihan Rumah/Kamar

Mungkin Anda akan bertanya-tanya apa hubungan cara mudah merawat AC rumah dengan menjaga kebersihan rumah/kamar. Sudah barang tentu hal ini ada hubungannya. Karena, prinsip kerja AC adalah mengubah udara sekitar, dengan menyedotnya dan dicampur dengan pendingin buatan, kemudian dihembuskan kembali sehingga udara yang keluar menjadi dingin. Apabila ruangan Anda berdebu atau kotor, maka AC akan lebih cepat kotor.

Demikianlah cara mudah merawat AC rumah Anda. Anda tentu dapat melakukannya sendiri di rumah. Selamat mencoba.

(Marthika)

Gambar : Image courtesy of Winnond at FreeDigitalPhotos.net

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *