Cara Mudah Menjaga Kesehatan Gigi Dan Mulut

By | July 24, 2016

mulut dan gigi

Menjaga kesehatan tubuh tentu tak terlepas dengan menjaga kesehatan mulut dan gigi. Dengan memiliki gigi dan mulut yang sehat, kita menjadi lebih siap dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Namun banyak orang yang masih menganggap menjaga kesehatan mulut dan gigi itu ribet dan mahal. Padahal ada berbagai cara mudah untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Kebiasaan menggosok gigi yang diajarkan kepada kita sejak kecil, ternyata hanya mampu membersihkan 25% kuman di gigi dan mulut. Agar kesehatan gigi dan mulut semakin terjaga, kita dapat membiasakan diri untuk melakukan hal-hal ini:

Perbanyak Konsumsi Kalium

Agar gigi tetap sehat, kita dapat mengkonsumsi makanan yang kaya akan kalium seperti, susu, yoghurt, dan keju.

Kurangi Makanan Manis

Apabila kita sering mengkonsumsi makanan yang manis-manis, maka kita memiliki resiko tumbuhnya plak dan karang gigi lebih besar. Makanan yang mengandung gula lebih mudah menempel pada sela-sela gigi dan gusi. Makanan yang menempel pada gigi dan gusi ini lama kelamaan dapat berubah menjadi plak dan karang gigi. Maka dari itu setelah Anda mengkonsumsi makanan yang manis seperti permen atau dessert, sebaiknya anda langsung berkumur dengan air.

Flossing

Cara menjaga kesehatan gigi dan mulut berikutnya adalah dengan melakukan flossing. Cara ini dimaksudkan untuk membersihkan sela-sela gigi menggunakan benang khusus gigi yang disebut dental floss. Lakukan flossing untuk semua sela-sela gigi Anda, karena sisa makanan yang sulit dijangkau oleh sikat gigi dapat dibersihkan dengan cara ini.

Menggosok Gigi 2 Kali Sehari

Sikat gigi Anda minimal 2 kali sehari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur. Pastikan sikat gigi yang digunakan bersih sebelum digunakan.

Menggunakan Pasta Gigi Mengandung Flouride

Saat menggosok gigi, sebaiknya kita menggunakan pasta gigi yang mengandung flouride. Dimana flouride berguna untuk menguatkan gigi.

Berkumur

Ada cara mudah dan efektif dalam membersihkan gigi dan mulut kita, yaitu dengan berkumur menggunakan mouthwash. Berkumur selama kurang lebih 30 detik setiap selesai menggosok gigi, akan efektif melawan bakteri penyebab plak gigi dan bau mulut serta akan membantu membentuk lapisan pelindung pada gigi.

Bersihkan Lidah

Lidah sebagai indra pengecap yang terbilang sensitif sering terpapar makanan yang masuk ke mulut. Oleh karena itu rajinlah menyikat lidah Anda.

Minum Air Putih

Biasakan minum  air putih 8-10 gelas sehari untuk kebutuhan air dalam tubuh kita.

Makan Buah-Buahan Segar

Mengkonsumsi buah-buahan segar sangat baik untuk kesehatan, termasuk kesehatan gigi dan mulut. Hal ini disebabkan oleh kandungan serat pada buah dapat membantu menghilangkan kotoran yang ada di gigi.

Hindari Stres

Pola hidup sehat pati menganjurkan kita untuk menghindari stress, karena stress dapat memperburuk daya tahan tubuh kita.

Periksa Ke Dokter Gigi Secara Rutin

Cara terakhir yang selalu dianjurkan oleh dokter gigi adalah dengan memeriksakan gigi Anda ke dokter gigi secara berkala. Pemeriksaan ke dokter gigi yang dianjurkan adalah 6 bulan sekali.

Itulah  cara mudah untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut yang dapat Anda praktekkan dalam kehidupan Anda sehari-hari. Mari kita jaga kesehatan gigi dan mulut kita mulai dari sekarang.

(Marthika)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *