Cara Merawat Kulit Tubuh

By | July 24, 2016

merawat-kulit

Kulit adalah organ terluar tubuh dan salah satu organ paling besar dan kompleks. Kulit berfungsi melindungi organ dan jaringan yang ada di  baliknya, menjaga temperatur tubuh dengan mengeluarkan keringat, dan memungkinkan Anda untuk meraba dan merasa. Sebagai bagian terluar tubuh, kulit juga bisa sebagai pintu masuk segala penyakit ke dalam tubuh. Untuk itu kita perlu menjaga kebersihan kulit dengan merawatnya secara tepat.

Jenis kulit dibedakan menjadi 4 jenis yaitu kulit normal, kulit berminyak, kulit kering dan kulit sensitif. Sebagian orang bahkan bisa memiliki kombinasi jenis kulit pada area tubuh yang berbeda yang biasanya disebabkan oleh kandungan minyak, kandungan air dalam kulit dan tingkat kepekaan kulit yang berbeda – beda.

Jenis kulit yang berbeda tentunya membutuhkan penanganan yang berbeda pula. Berikut ini cara merawat kulit tubuh berdasarkan jenis kulit:

Kulit Normal

Kulit normal adalah jenis kulit yang paling mudah dalam perawatannya. Untuk menjaga kelembabannya, lindungi kulit dengan mengoleskan pelembab sepanjang hari. Pilih pelembab yang berbahan dasar air agar mudah meresap, terasa ringan dan  tidak lengket.

Kulit Berminyak

Kulit berminyak membutuhkan perawatan yang berbeda dibandingkan kulit normal. Produksi minyak berlebih terutama pada daerah wajah dapat memicu munculnya jerawat. Karena itu pilihlah produk pelembab yang berbahan dasar air, hindari memakai perawatan kulit dengan bahan dasar minyak atau alkohol. Bisa juga memakai pembersih yang memiliki kandungan Beta Hydroxy Acid (BHA) yang dapat mencegah penumpukan minyak pada pori – pori kulit. Basuhlah muka atau bagian kulit Anda yang lain dengan air hangat agar sisa minyak yang menutup pori – pori bisa tersapu bersih.

Kulit Kering

Kulit kering lebih berisiko untuk menjadi keriput dan terbakar sinar matahari. Untuk menjaga kelembabannya, oleskan pelembab kulit berbahan dasar minyak dan mengandung Sun Protection Factor (SPF) terutama setelah mandi, setidaknya dua kali sehari. Gunakan sabun mandi dengan kandungan yang ringan seperti susu atau madu yang dapat membantu menjaga kelembaban kulit kering. Sabun yang mengandung alkohol dapat membuat kulit semakin kering dan bisa menyebabkan iritasi. Juga hindarilah mandi dengan air hangat, karena jika Anda mandi dengan air hangat kulit akan menjadi semakin kering. Terlalu sering mencuci kulit wajah atau bagian tubuh Anda juga dapat menyapu minyak alami  sehingga kelembaban kulit Anda menjadi terganggu.

Pilih pelembab dengan kadar moisturizer lebih tinggi dan mengandung Hyaluronic Acid, Dimethicone, Glycerin, Propylene Glycol, Lanolin dan Petrolatum yang dapat menjaga kelembaban kulit.

Kulit Sensitif

Kulit sensitif adalah jenis kulit yang sangat memerlukan perlakuan khusus dibandingkan jenis kulit yang lain. Kulit sensitif sebaiknya menghindari pelembab yang beraroma atau mengandung parfum untuk menghindari iritasi. Pilih produk perawatan kulit yang mengandung kurang dari 10 bahan campurannya. Semakin sedikit kandungan bahan yang digunakan akan semakin baik untuk kulit sensitif. Selain itu, pilihlah produk berlabel Hypoallergenic dan berbahan dasar alami seperti produk herbal. Kulit sensitif kurang cocok dengan produk yang mengandung AHA dan BHA.

Banyak orang berpendapat, semakin mahal produk perawatan kulit akan semakin bagus dan bermanfaat. Padahal semua pelembab atau moisturizer bekerja dengan cara yang sama dan mempunyai fungsi yang sama, baik yang mahal ataupun yang ekonomis. Untuk itu pilihlah yang sesuai dengan jenis kulit dan kebutuhan Anda.

(Marthika)

 

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *