Cara Menjaga Kesehatan Rambut

By | July 24, 2016

kesehatan-rambut

Rambut berfungsi melindungi kulit kepala dari panas, dingin, cahaya matahari dan berbagai hal yang dapat melukai kulit kepala secara langsung. Selain itu, rambut juga membingkai wajah sehingga penampilan kita menjadi lebih baik. Tapi sebaik mungkin kita merawat kesehatan rambut kita, tetap saja ada rambut yang rontok setiap harinya. Sebenarnya hal ini wajar, asal rontoknya tidak melebihi 100 helai perhari.

Kerontokan rambut yang normal adalah berkisar antara 40 – 120 helai setiap hari, dan ini akan tergantikan dengan tumbuhnya helaian baru. Menurut British Assocition of Dermatologist, kerontokan total bakal terjadi kalau kita mengalami kerontokan rambut 100 helai perhari selama 1000 hari tanpa pertumbuhan rambut. Tapi bila hanya mengalami rambut rontok dalam batas normal, hal ini tidak perlu dirisaukan.

Rambut memiliki siklus pertumbuhan yang terbagi menjadi 3 fase yaitu, pertumbuhan (Anagen) yang lamanya berkisar antara 2 sampai 5 tahun, fase istirahat (Katagen) yang lamanya 2 sampai 4 minggu, dan fase kerontokan (Telogen) yang lamanya 3 sampai 4 bulan. Setelah fase kerontokan, rambut akan kembali mengalami siklus pertumbuhan baru.

Untuk menjaga rambut tetap terjaga kesehatannya, pertamakali.com merangkum tips dan cara menjaga kesehatan rambut yang bisa Anda terapkan berikut ini:

Melindungi rambut dari paparan sinar matahari

Sinar matahari yang langsung menyinari rambut kita secara terus menerus bisa berdampak buruk untuk kesehatan rambut. Rambut kita jadi kering, kusam dan kemerahan. Untuk itu Anda perlu melindungi rambut kita dengan topi, payung, syal atau kerudung dari sengatan matahari bila kita berada diluar ruangan.

Keramas secara teratur

Selain sengatan matahari, hawa panas, hujan, debu dan polusi asap juga bisa menjadikan rambut kita kotor, lembab atau pun kering. Kita perlu membersihkannya setiap hari dengan keramas menggunakan shampo yang cocok untuk kesehatan rambut kita. Selain shampo, penggunaan conditioner juga diperlukan untuk menjaga kelembaban dan kehalusan rambut. Pilihlah shampo dan conditioner yang satu jenis, karena kandungan bahannya serupa dan pastinya tidak menyebabkan rambut kita rusak. Jangan sering berganti shampo karena bisa memicu kerontokan rambut. Bilas shampo dan conditioner sampai benar – benar bersih karena penumpukan sisa shampo atau conditioner bisa mengakibatkan ketombe di kulit kepala.

Masker rambut

Sekali sebulan kita perlu memanjakan rambut kita dengan memakai masker rambut untuk menjaga kesehatannya. Kita dapat membuat masker rambut sendiri dirumah dengan bahan – bahan alami, misalnya dengan telur, madu, susu, alpukat, dll. Gunakan secara rutin agar kesehatan rambut kita pun terjaga.

Hindari mewarnai rambut

Dewasa ini  banyak trend warna rambut yang beraneka ragam dari warna merah, biru, hijau bahkan ombre yaitu campuran dari 2 warna atau lebih. Mewarnai rambut tentu saja bisa merusak kesehatan rambut, karena pemakaian zat kimia dalam pewarnaan. Rambut bisa menjadi rontok, bercabang dan kering karena efek pewarnaan. Tapi bila Anda ingin mewarnai rambut Anda, gunakan pewarna rambut yang aman, atau datanglah ke salon profesional untuk mendapatkan penanganan rambut yang tepat.

Rawatlah dari dalam

Menjaga kesehatan rambut dari dalam tubuh melalu nutrisi dan gizi yang kita makan juga merupakan hal yang penting. Bukan hanya untuk kesehatan rambut saja dan kulit kepala saja, tapi juga kesehatan kulit seluruh tubuh kita. Makanan yang baik untuk kesehatan rambut dan kulit kepala adalah yang mengandung vitamin A, B, C, protein, asam lemak omega 3, zat besi dan seng. (Baca juga: Memilih Makanan Untuk Kesehatan Rambut)

(Marthika)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *