Cara Mengobati Sakit Maag Secara Alami

By | July 24, 2016

sakit-maag

Penyakit maag adalah penyakit umum yang diderita masyarakat sekarang ini. Pola makan yang tidak teratur karena harus bekerja, tingkat stres yang tinggi dan kurangnya istirahat diduga menjadi penyumbang terbesar munculnya sakit maag ini. Tidak hanya menyerang orang dewasa, banyak pula anak – anak dan remaja yang sudah menderita sakit maag karena pola makan yang kurang teratur.

Banyak obat maag yang dijual bebas di apotik, tapi penggunaan jangka panjang sangat tidak disarankan. Sebetulnya banyak bahan alami disekitar kita yang bisa kita manfaatkan untuk pengobatan sakit maag.

Adapun bahan alami untuk pengobatan sakit maag adalah sebagai berikut:

Kunyit

Kunyit merupakan obat anti peradangan alami yang bisa mengobati sakit maag. Cara mengolah kunyit sebagai obat sakit maag secara alami adalah dengan memotong – motong kunyit dan merebusnya. Atau bisa juga dengan memarut kunyit yang telah dibersihkan kulitnya, dan diambil airnya dengan cara memeras parutan kunyit tadi. Minum ramuan ini tanpa gula dua kali sehari untuk pengobatan dan satu kali sehari untuk pencegahan. Sebagai pengganti gula, agar rasanya lebih enak, Anda bisa juga menambahkan madu sebagai pemanis alami.

Sari Kacang Kedelai

Anda bisa mengolah kacang kedelai untuk mengobati sakit maag. Cara mengolahnya adalah dengan mencuci bersih kacang kedelai terlebih dulu kemudian sangrai tanpa minyak dan tumbuk halus. Anda bisa juga menggunakan bantuan blender untuk menghaluskan kacang kedelai yang sudah disangrai. Untuk mengkonsumsinya, Anda bisa menyeduh secara rutin setiap hari dengan air panas, dan diminum selagi hangat.

Daun Jambu Biji

Daun jambu biji selain digunakan untuk pengobatan diare, juga dipercaya bisa mengobati sakit maag secara alami. Daun jambu biji mengandung berbagai macam zat yang bermanfaat yaitu flavonoid, polifenil, saponin, alkaloid, karoten, kuinon, antioksidan tinggi dan senyawa anti mutagenic. Cara mengolahnya adalah ambil beberapa daun jambu biji, cuci bersih dan rebus dengan 3 gelas air. Tunggu air menyusut sampai menjadi 2 gelas air, dan minumlah air rebusan ini dua kali sehari, saat pagi dan malam hari. Pastikan perut Anda sudah terisi sebelum meminum ramuan ini.

Temulawak

Selain untuk pengobatan sakit maag secara alami, temulawak berkhasiat juga untuk meningkatkan nafsu makan dan mengobati usus buntu tanpa operasi. Cara mengolahnya adalah dengan memotong temulawak menjadi beberapa bagian dan rebus dengan 8 gelas air dan biarkan air menyusut sampai setengahnya. Anda bisa meminumnya selagi hangat satu kali sehari, boleh ditambah madu sebagai pemanis.

Daun Salam

Selain sebagai salah satu bumbu dapur, daun salam ternyata bermanfaat juga untuk mengobati sakit maag secara alami. Daun salam bisa digunakan untuk menurunkan asam lambung yang tinggi. Caranya adalah dengan merebus 20 lembar daun salam dengan 3 gelas air dan biarkan menyusut menjadi satu gelas. Diminum hangat dengan menambah madu atau gula batu sehari sekali sampai maag sembuh.

Pisang

Buah pisang ternyata bisa mengobati dan mencegah sakit maag secara alami. Rasanya yang enak menjadikan buah pisang paling banyak digemari untuk mengobati sakit maag dibanding ramuan – ramuan alami diatas. Untuk menurunkan kadar asam lambung, makanlah buah pisang matang dua sampai tiga buah sehari secara rutin.

Itulah beberapa cara mengobati sakit maag secara alami, semoga bermanfaat bagi kesehatan Anda..

(Marthika)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *