Cara Menghilangkan Sakit Gigi Secara Alami

By | July 31, 2016

mulut dan gigi

 

Sakit gigi merupakan penyakit yang sering dialami oleh banyak orang. Rasa ngilu atau nyeri tentu membuat Anda kelimpungan. Biasanya, sakit gigi disebabkan oleh gigi yang berlubang. Gigi bisa berlubang karena beberapa faktor, seperti akibat kurangnya menjaga kebersihan gigi dan mulut, malas menggosok gigi, menggunakan sikat dan pasta gigi yang tidak cocok, serta karena sering makan makanan yang manis. Nah, itulah pemicu mengapa gigi Anda sakit. Selain harus menghentikan kebiasaan-kebiasaan yang tidak baik tersebut, sebaiknya segera obati gigi dengan cara aman dan tepat. Segeralah menggosok gigi setelah makan karena sisa makanan yang tertinggal di gigi menyebabkan plak yang akan mengundang bakteri. Akhirnya, sakit gigi datang karena adanya bakteri-bakteri tersebut.

Untuk menghilangkan sakit gigi, ada cara alami yang lebih praktis untuk dilakukan. Sebenarnya cara paling ampuh untuk mencegah penyakit gigi yaitu dengan rajin membersihkan gigi dan mulut. Akan tetapi, jika Anda sudah terlanjur mengalami sakit gigi, berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan sakit gigi berlubang secara alami.

Rutin Membersihkan Mulut dan Gigi

Apabila mengalami sakit gigi, hal yang harus diperhatikan yaitu rutin membersihkan mulut dan gigi. Pastukan Anda memilih pasta gigi dan sikat gigi yang tepat serta Anda harus menggosok gigi dengan cara yang tepat. Gosoklah gigi setelah makan dan sebelum tidur. Apabila Anda menjaga mulut dan gigi selalu dalam keadaan bersih, sakit gigi pun akan berkurang.

Gunakan Larutan Garam

Menggunakan larutan garam untuk mengatas sakit gigi sudah dilakukan sejak jaman dulu. Ini merupakan cara tradisional yang sangat ampuh menyembuhkan gigi yang sakit. Buatlah larutan garam dengan menyiapkan segelas air hangat. Kemudian, ambil garam dan campur pada air hangat tersebut. Aduklah sampai benar-benar larut. Setelah itu, gunakan air tersebut untuk berkumur. Lakukan secara teratur maka sakit gigi akan berangsur membaik.

Sari Jeruk Nipis

Jeruk nipis kaya akan vitamin C. Vitamin C ini bermanfaat menyembuhkan sakit gigi akibat gigi berlubang. Anda bisa mengambil beberapa buah jeruk nipis. Potonglah menjadi beberapa bagian. Teteskan jeruk nipis tersebut pada gigi yang berlubang. Lakukanlah selama 10 menit sekali sampai sari jeruk benar-benar habis.

Bawang Putih

Bawang putih memiliki kandungan antibiotic sehingga bisa digunakan untuk mengobati sakit gigi. Ambilah satu siung bawang putih lalu campur dengan sedikit garam. Tempelkan bawang putih itu pada gigi yang berlubang. Diamkan selama beberapa menit kemudian berkumurlah.

Minyak Cengkeh

Sakit gigi juga bisa diatasi dengan menggunakan minyak cengkeh. Cara menggunakannya cukup mudah. Ambilah minyak cengkeh lalu oleskan pada gigi yang berlubang.

Lada atau Merica

Lada atau merica terkenal sebagai bumbu masakan. Namun, dibalik manfaatnya sebagai bumbu masakan, lada atau merica bisa digunakan untuk mengatasi sakit gigi. Campurkanlah lada dan garam kemudian beri sedikit air. Jika sudah merata, oleskan pada gigi yang berlubang. Setelah itu, kumur-kumurlah menggunakan air hangat.

Ya, itulah beberapa cara menghilangkan sakit gigi secara alami. Semoga bermanfaat..

(Ika Pratiwi)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *