Cara Mengemudikan Mobil Yang Baik Dan Benar

By | July 16, 2016

cara-mengemudi-mobil

Memiliki mobil saat ini sudah menjadi kebutuhan setiap orang terutama unyuk mereka yang memiliki mobilitas yang tinggi. Namun demikian seiring dengan pertumbuhan jumlah mobil di jalan raya, angka kecelakaan di jalan raya juga meningkat. Hal ini banyak disebabkan oleh kurangnya pengetahuan tentang cara mengemudikan mobil yang baik dan benar. Berikut ini adalah cara mengemudikan mobil yang baik dan benar yang Anda dapat praktekan setiap hari.

Persiapkan Kelengkapan Kendaraan

Sebelum pergi menggunakan mobil, sebaiknya anda memeriksa kelengkapan kendaraan Anda terlebih dahulu. Kelengkapan seperti STNK, SIM, dongkrak, sabuk pengaman, ban serep dan segitiga pengaman harus ada di saat anda memakai mobil untuk kegiatan Anda

Periksa Kendaraan Anda

Cara mengemudikan mobil yang baik dan benar tentu tidak terlepas dari mobil yang prima/layak jalan. Periksa tekanan angin ban mobil, klakson, air radiator, lampu-lampu (lampu besar/kecil, lampu rem, lampu sign, lampu mundur,dsb.) dan cek juga pelumas kendaraan Anda, dari oli mesin, minyak rem, minyak power steering, dll sebelum Anda menggunakan mobil.

Atur Posisi Mengemudi

Atur posisi mengemudi Anda dengan senyaman mungkin. Posisi tangan pada kemudi harus seperti posisi jam 10:10 atau 09:15, dengan siku lengan membentuk siku 45° untuk memudahkan Anda dalam bermanuver. Atur posisi spion mobil agar anda dapat melihat apa yang ada di belakang Anda. Posisi duduk yang tidak condong ke depan dan tidak terlalu tegak atau justru terlalu melorot adalah cara mengemudi mobil yang baik dan benar. Yang terakhir, pakai sabuk pengaman Anda sebelum jalan.

Patuhi Rambu-Rambu Lalu Lintas

Sebagai pengguna jalan kita harus mematuhi rambu-rambu lalu lintas, seperti lampu lalu lintas, larangan parkir/berhenti, marka jalan, dsb. Selain untuk keselamatan diri sendiri hal ini juga mencegah terjadinya kemacetan.

Jaga Jarak Aman

Cara mengemudi yang baik dan benar berikutnya adalah, menjaga jarak aman dengan kendaraan di depan Anda. Jarak yang baik adalah 2 – 3 meter, hal ini dimaksudkan untuk menjaga pabila terjadi pengereman mendadak, sehingga Anda memiliki ruang aman untuk pengereman.

Gunakan Lampu Sign/Hazard Dengan Benar

Cara berikutnya untuk mengemudi mobil yang baik dan benar adalah dengan pemakaian lampu tanda belok dan lampu hazard secara benar. Ketika kita akan berbelok kita harus menyalakan lampu sign ini. Jarak idealnya sekitar 10 m sebelum kita belok. Saat kita berhenti sejenak pun kita harus tetap menyalakan lampu sign kiri kita, dan saat kita mau jalan lagi/ saat mau keluar parkir kita juga wajib menyalakan lampu sign. Kita juga harus menggunakan lampu sign saat kita akan pindah jalur. Sesuai dengan namanya, lampu hazard dinyalakan apabila Anda dalam kondisi darurat. Saat anda konvoi sebaiknya tidak menyalakan lampu hazard karena justru membahayakan pengemudi di belakang Anda. Cukup menyalakan lampu besar saat anda konvoi.

Fokus Dalam Mengemudi

Dalam mengemudikan mobil, Anda harus fokus/konsentrasi penuh, Hindari menelpon dan menngirim/membaca pesan di seluler sambil mengemudi.

Demikianlah cara mengemudikan mobil dengan baik dan benar yang sering kali kita abaikan. Safety driving sangat perlu diterapkan bagi seluruh pengguna jalan demi terciptanya kondisi lalu lintas yang tertib, rapi dan mengurangi resiko kecelakaan.

(Marthika)

Gambar : Image courtesy of Stockimages at FreeDigitalPhotos.net

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *