Cara Mengatur Kebiasaan Menuju Sukses (Bagian 2)

By | July 25, 2016

sukses

Seperti yang sudah Anda baca dalam artikel motivasi “Cara Mengatur Kebiasaan Menuju Sukses (Bagian 1)”, Anda sudah belajar bagaimana untuk melakukan kebiasaan membaca, melakukan dahulu mana yang lebih penting dan membuat daftar prioritas, selanjutnya akan kita bahas kebiasaan lain yang bisa membantu Anda meraih kesuksesan dalam hidup.

Menganalisa kesalahan

Jika Anda melihat beberapa teman karib Anda yang jauh lebih sukses dari keadaan Anda sekarang, janganlah iri atau berkecil hati. Bisa jadi hal itu merupakan usaha dan kerja keras mereka selama bekerja bertahun – tahun. Atau karena pintarnya mereka mengelola waktunya untuk melakukan pekerjaan atau bisnis tambahan diluar pekerjaan tetapnya.  Carilah tahu bagaimana cara mereka mendapat kesuksesan tersebut, dan belajarlah untuk menerapkan hal itu ke dalam hidup Anda. Juga Anda perlu menganalisa apakah ada kesalahan yang Anda lakukan selama ini tanpa disadari, contohnya apakah Anda kurang disiplin, kurang bijaksana dalam mengatur keuangan, waktu dan tenaga Anda sehari – hari.

Lebih menaruh perhatian

Anda harus merencanakan hidup Anda dengan lebih hati – hati dan penuh perhatian, daripada saat Anda melakukan pekerjaan dan bisnis Anda. Saat Anda bekerja di suatu perusahaan, usaha yang Anda lakukan adalah untuk kemajuan perusahaan tempat Anda bekerja tersebut. Lain halnya dengan hidup Anda. Hidup yang Anda miliki adalah murni tanggung jawab Anda sendiri. Untuk itu Anda harus mempunyai rencana hidup yang sungguh – sungguh dan penuh tanggung jawab. Jangan hanya menunggu suatu kesempatan besar atau keberuntungan yang menghampiri hidup Anda yang bisa membuat bahagia atau kaya raya, tapi ciptakanlah suatu usaha untuk mendapatkannya.

Bayangkan keberhasilan

Mohandas K. Ghandi mengatakan, “Manusia adalah hasil dari pikirannya. Apa yang dia pikirkan, itulah yang menjadi kenyataan”. Karena itu Anda tidak boleh memikirkan hal yang negatif seperti, “Saya tidak bisa melakukannya”, “Saya tidak sanggup”, “Saya tidak mungkin sukses” dan lain sebagainya yang malah menyurutkan kemampuan kita. Belajarlah berpikiran positif seperti, “Saya bisa melakukannya”, “Saya sanggup mengerjakannya”, “Saya pasti sukses”, dan lainnya. Bayangkan secara detail apa yang Anda impikan, apa yang ingin Anda perbuat dan usaha apa yang bisa Anda lakukan. Berkatalah pada diri sendiri, “Saya pasti bisa melakukannya”. Hal ini pasti akan memberikan semangat baru pada hidup Anda.

Menuliskan rencana

Setelah Anda membayangkan kesuksesan Anda, selanjutnya adalah menuliskannya pada selembar kertas, apa yang menjadi impian Anda tersebut. Dengan menuliskannya, Anda akan mengingat terus tujuan hidup Anda sehingga apa yang Anda lakukan tidak akan menyimpang dari tujuan awal tersebut. Tulislah rencana – rencana untuk mewujudkan impian Anda itu, dan hapalkanlah setiap hari agar hal tersebut menjadi bagian dari hidup Anda.

Tidak melihat masa lalu

Jangan menyesali apa yang sudah terjadi di masa lalu. Karena masa yang lalu sudah terjadi dan Anda tidak bisa kembali ke masa itu. Tapi ambillah pelajaran dari masa lalu tersebut untuk Anda memperbaiki masa depan.

Jangan menunggu besok, lakukanlah sekarang untuk menciptakan kesuksesan yang Anda inginkan. Jika Anda mempunyai banyak impian atau keinginan tapi Anda tidak melakukan usaha  apapun untuk meraihnya dari sekarang, sebaiknya teruslah bermimpi. Ingat, tidak ada kesuksesan tanpa bekerja, karena kesuksesan adalah hasil kerja keras, bukan hanya impian saja.

(Marthika)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *