Cara Mengatur Kebiasaan Menuju Sukses (Bagian 1)

By | July 25, 2016

sukses

Setiap orang pasti mempunyai impiannya masing – masing. Dan bila ditanya apakah impiannya itu, pasti sebagian besar orang akan menjawab, ingin menjadi orang sukses. Tidak ada orang yang menginginkan bisnisnya bangkrut, dipecat dari pekerjaannya atau menganggur seumur hidup bukan? Tapi bila dipikirkan, apa yang sudah Anda lakukan untuk mencapai impian tersebut? Apakah Anda berharap bahwa kesuksesan bisa didapat dalam satu hari saja?

Aristoteles, filsuf dari Yunani mengatakan, “Kita adalah cerminan apa yang kita lakukan sehari – hari”. Setiap hal yang kita lakukan sehari – hari sangat berpengaruh terhadap seberapa jauh kita sudah melangkah mendekati sukses yang kita impikan. Sukses bisa diraih melalui proses yang kita lakukan mulai hari ini, bukan sesuatu hal yang bisa datang tiba – tiba.

Untuk mencapai kesuksesan, kita harus mempunyai kebiasaan yang bisa membantu kita meraih kesuksesan tersebut. Kebiasaan – kebiasaan sehari – hari yang bisa kita lakukan agar kita bisa mencapai kesuksesan antara lain:

Kebiasaan Membaca

Membaca kisah – kisah inspiratif dari orang – orang sukses sangat membantu Anda dalam mengatur pola berpikir. Anda bisa juga membaca buku – buku motivasi baik dari motivator lokal ataupun kelas dunia agar pikiran Anda lebih terbuka dalam mengambil langkah menuju kesuksesan.

Lakukan dahulu yang paling penting

Untuk mencapai tujuan dari kesuksesan kita, lakukan dahulu hal yang paling penting. Contoh sederhana dalam suatu kantor, ketika banyak pekerjaan yang harus diselesaikan, Anda malah menundanya dengan mengobrol dengan rekan kerja, atau malah update status di sosial media atau chatting lewat smartphone Anda. Walaupun hal ini boleh – boleh saja Anda lakukan untuk mengatasi kejenuhan, tapi hal ini juga akan memperlambat waktu kerja Anda. Pekerjaan yang menumpuk bisa malah bertambah karena Anda menundanya untuk melakukan hal yang sebenarnya tidak perlu dilakukan.

Buat daftar prioritas

Agar waktu tidak terbuang percuma, ada baiknya Anda mulai membuat prioritas kegiatan atau pekerjaan yang bisa Anda lakukan untuk mencapai impian Anda. Bedakan mana kegiatan yang penting, mendesak untuk dilakukan saat ini juga atau yang bisa dilakukan nanti. Contohnya Anda mempunyai impian untuk membeli sebuah rumah. Hal yang paling utama untuk mewujudkan impian Anda adalah mempunyai uang yang cukup untuk membelinya. Untuk itu Anda harus mengatur keuangan Anda dari sekarang bila Anda belum mempunyai anggaran yang cukup. Itulah hal yang paling penting dan mendesak untuk dilakukan. Bila Anda menundanya, pasti akan semakin lama untuk bisa meraih impian Anda tersebut.

Tidak selalu menyenangkan

Melakukan suatu hal atau kebiasaan untuk bisa meraih sukses tidak selalu menyenangkan. Kadang Anda perlu mengorbankan waktu bersenang – senang Anda, atau waktu senggang Anda untuk melakukan beberapa hal menuju kesuksesan. Misalnya Anda ingin mendapatkan penghasilan tambahan, maka Anda harus mau mengorbankan waktu luang Anda untuk bekerja lagi. Atau ketika Anda harus melakukan penghematan untuk mewujudkan suatu impian, Anda pun harus melakukannya dengan disiplin. Hal tersebut kadang melelahkan, tapi ada peribahasa, “Bersakit – sakit dahulu, bersenang – senang kemudian” yang bisa memotivasi Anda dalam melakukannya.

Bersambung ke Cara Mengatur Kebiasaan Menuju Sukses (Bagian 2)

(Marthika)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *