Cara Mengatasi Insomnia

By | July 24, 2016

tidur

Setiap orang memiliki kebutuhan tidur sekitar 6-7 jam sehari. Kesulitan tidur pasti pernah dialami seseorang dalam hidupnya, namun hal itu biasanya hanya bersifat sementara saja. Insomnia adalah masalah kesulitan tidur di malam hari, sehingga penderitanya tidak mendapatkan kualitas tidur yang baik. Padahal kita sama-sama tau bahwa tidur itu sangat dibutuhkan tubuh agar tetap sehat.

Banyak faktor yang menyebabkan insomnia, namun secara garis besar insomnia dibagi menjadi 3 yaitu susah untuk tidur, bangun terlalu awal atau sebelum pagi, dan susah tidur beberapa jam di malam hari. Gejala insomnia ditandai dengan sesak napas, atau sering kencing dan menahan rasa sakit. Selain itu rasa khawatir dan cemas yang berlebihan juga menjadi salah satu penyebab dari masalah susah tidur ini.

Biasanya mereka yang kesulitan tidur akan mengalami masalah seperti ini :

  1. Sulit tidur nyenyak dan keadaan ini dapat berlangsung terus menerus selama berhari-hari atau berminggu-minggu, bahkan lebih
  2. Merasakan lelah saat bangun tidur akibat kualitas tidur yang buruk
  3. Sakit kepala di pagi hari
  4. Sulit konsentrasi
  5. Mudah muntah
  6. Mata merah
  7. Mengantuk di siang hari

Berikut ini ada cara alami untuk mengatasi insomnia :

  1. Dengan melakukan olah raga ringan namun teratur. Berolah raga secara teratur dapat membantu seseorang dalam mengatasi sulit tidur. Olah raga yang efektif sebaiknya dilakukan pagi hari, sehingga tubuh dapat melawan stress yang muncul dengan lebih baik serta membangun fisik yang lebih kuat.
  2. Jangan terlalu banyak makan atau minum menjelang tidur. Rasa kenyang atau lapar dapat mengganggu tidur Anda, demikian pula jika terlalu banyak minum Anda aka berasa ingin buang air kecil terus yang dapat mengganggu tidur.
  3. Tidur di lingkungan yang nyaman. Buat suasana di kamar tidur Anda menjadi senyaman mungkin. Sesuaikan suhu AC ruangan Anda sesuai dengan suhu yang Anda suka, beri wewangian yang dapat membuat Anda menjadi rileks dan mudah tidur dan matikan/redupkan lampu kamar Anda.
  4. Mengurangi konsumsi minuman yang mengandung stimulan seperti, teh atau kopi. Ganti dengan meminum segelas susu hangat beberapa jam sebelum tidur.
  5. Mandi atau berendam menggunakan air hangat selama kurang lebih 30 menit sebelum tidur. Air hangat memiliki efek sedasi atau merangsang untuk tidur. Berendam air hangat juga dapat berfungsi untuk melepaskan penat dan ketegangan otot-otot kita, sehingga kita dapat tidur nyenyak selepas mandi/berendam air hangat.

Anda dapat mencoba cara menghilangkan insomnia dengan bahan-bahan alami seperti berikut :

  1. Teh Pala

Kandungan senyawa aromatik seperti myristicin, elmicin, dan safrile dengan jumlah 2-18% dalam bunga pala berfungsi sebagai perangsang tidur. Jangan mengkonsumsi terlalu banyak mengkonsumsi pala karena bisa membahayakan tubuh.

  1. Daun Putri Malu

Daun ini sering digunakan untuk terapi insomnia. Daun putri malu akan menurunkan tekanan darah dan berfungsi sebagai penenang.

Itulah informasi tentang insomnia baik penyebabnya, gejalanya dan cara untuk mengatasinya. Miliki kualitas tidur yang baik untuk memperoleh kesehatan yang maksimal.

(Marthika)

 

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *